Pembuatan Modul untuk Masyarakat Sasaran mengenai Penggunaan Tools yang terdapat pada Microsoft PowerPoint sebagai Media untuk Pembuatan Materi Pembelajaran di SD Negeri 1 Subamia

Pelaksanaan kegiatan KKNbD pada hari Rabu, 7 Juli 2021 sampai dengan hari Sabtu, 10 Juli 2021 merupakan kegiatan mempersiapkan bahan-bahan materi terkait dengan pelatihan penggunaan Microsoft PowerPoint. Materi-materi yang dipersiapkan tersebut dalam bentuk modul yang berisi tentang pengenalan bagaimana fungsi dari masing-masing tools yang akan digunakan pada Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint yang saya jelaskan pada modul ini yaitu Microsoft PowerPoint versi tahun 2016, namun tampilan kerja dari Microsoft PowerPoint 2016 tidak jauh berbeda dengan tampilan PowerPoint 2010 dan PowerPoint 2013, sehingga versi 2016 ini relevan untuk digunakan. 


Materi yang dipersiapkan dibuat menggunakan referensi yang diambil dari internet dan juga dibuat berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh penulis terkait dengan aplikasi Microsoft PowerPoint. Materi-materi yang digunakan untuk membuat modul ini bersifat akurat dan mudah dipahami oleh masyarakat sasaran. Persiapan pembuatan modul dibagi menjadi 3 tahapan pelaksanaan, yaitu seperti berikut ini :


  1. Merancang modul mengenai tools yang akan digunakan pada Microsoft PowerPoint, dibuat pada hari Rabu, 7 Juli 2021.

  2. Membuat modul penjelasan mengenai tools yang digunakan untuk membuat slide materi sebagai bahan ajar daring menggunakan Microsoft PowerPoint, dibuat selama dua hari yaitu pada Kamis 8 Juli, 2021 sampai dengan Jumat, 9 Juli 2021.

  3. Merevisi modul pengenalan tools Microsoft PowerPoint, dibuat pada hari Sabtu, 10 Juli 2021.


Modul ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat sasaran pada hari Minggu, 11 Juli 2021 melalui media komunikasi yang telah disepakati bersama yaitu melalui media komunikasi WhatsApp. Jumlah masyarakat sasaran yang terlibat dalam pelaksanaan KKNbD di SD Negeri 1 Subamia yaitu berjumlah 6 orang. Masyarakat sasaran tersebut yaitu para guru wali kelas 1 sampai guru wali kelas 6 di SD Negeri 1 Subamia. Pembuatan modul ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat sasaran dalam mempelajari fungsi dari masing-masing tools yang digunakan, sehingga pada saat penggunaan Microsoft PowerPoint masyarakat sasaran sudah mengetahui fungsi dari masing-masing tools tersebut dengan baik. Ketika masyarakat sasaran mengimplementasikan penggunaan masing-masing tools dari Microsoft PowerPoint, masyarakat sasaran diharapkan sudah mampu mengimplementasikannya dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing. 


Modul yang akan diberikan kepada masyarakat sasaran yaitu berupa file dengan tipe filenya pdf. Pemberian modul berupa soft file bertujuan untuk mengefisiensikan pelaksanaan pelatihan yang diberikan secara online karena file tersebut dapat di download melalui WhatsApp sehingga masyarakat sasaran dapat dengan mudah menggunakan modul yang telah diberikan.





Tentang Penulis