Pembuatan Video Sosialisasi Tentang Cara Berbisnis Online dan Membagikan Video Tersebut Kepada Masyarakat Sasaran Melalui Grup WA

Singaraja, 9 Juli 2020

     Memulai bisnis online memang tidak mudah, tetapi bukan suatu hal yang sulit/mustahil dilakukan. Adanya pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada perekonomian Indonesia terutama pada masyarakat yang dirumahkan atau di PHK di Desa Sambangan. Pandemi ini menyebabkan ada beberapa manajer perusahaan hotel merumahkan sebagian karyawannya karena hotel sepi, tentu karyawan dalam jumlah banyak akan membuat beban operasional membengkak, maka diambil lah kebijakan merumahkan. Karyawan yang tidak mendapatkan gaji ini akan sangat mempengaruhi dari segi pendapatannya, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti biasanya. Karyawan tersebut mempunyai keinginan untuk membuka usaha secara online atau bisnis online untuk mendapatkan biaya tambahan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam upaya untuk tetap mendapatkan penghasilan akibat dari dampak Covid-19 ini, maka dilakukan kegiatan sosialisasi bisnis online di Desa sambangan melalui video yang dikirimkan langsung ke WA grup masyarakat sasaran.  

   Tahapan awal sudah dilakukan yaitu pembentukan WA grup kepada masyarakat sasaran guna untuk mempermudah komunikasi. Setelah dibuatnya WA grup, kegiatan selanjutnya yaitu pemberian materi dalam bentuk video. Materi yang diberikan berisi tentang cara memulai bisnis online dengan beberapa langkah/tips. Pemberian materi berupa video ini dilakukan bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang cara memulai bisnis online kepada masyarakat sasaran. Ada 9 langkah/tips untuk memulai bisnis online bagi pemula yaitu :

1.      Temukan masalah yang dihadapi pasar

2.      Lakukan riset pasar

3.      Analisis kompetitor

4.      Cari model bisnis

5.      Tentukan target pasar

6.      Buat produk

7.      Buat website resmi

8.      Pasarkan produk dengan strategi yang tepat

9.      Pertahankan pelanggan setia

Penjelasan lengkapnya bisa dilihat Link dibawah ini :

https://drive.google.com/file/d/1IUL4tgc3fr5TdOrdIk9_mI3YvcvTgA2B/view?usp=sharing

 

 

Tentang Penulis
Gusti Ayu Anika Sudiadnyani