Pendampingan dalam Mempraktekkan Ulang Cara Penggunaan Aplikasi Quizizz secara Menyeluruh
- Oleh I Gusti Agung Ayu Kirana Dewi
- Wednesday 28/07/2021
- Kelompok 122, Kelompok, Kelompok
Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 adalah minggu ke-4
kegiatan KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan dalam
mempraktekkan ulang cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz secara menyeluruh. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD
No. 1 Kerobokan dengan masyarakat sasaran (para guru), yang dimana penulis
melakukan kegiatan tersebut secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi
protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media LCD/Proyektor dan laptop, agar penulis
mudah menjelaskan serta masyarakat sasaran (para guru) dapat memahami dengan
jelas cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz.
Pada minggu ke-2 dan ke-3 penulis sudah menjelaskan dan
mempraktekkan cara penggunaan aplikasi Quizizz
secara bertahap. Dalam kegiatan ini, penulis menjelaskan dan mempraktekkan
kembali (secara ulang) cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz tersebut
secara menyeluruh, dengan tujuan agar masyarakat sasaran (para guru) memiliki
pemahaman yang kuat dan mendalam mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Penulis hanya menjelaskan
dan mempraktekkan berdasarkan kesimpulan yang sudah dibuat mengenai cara
penggunaan aplikasi Quizizz, karena
kegiatan ini hanya untuk mengetahui sejauh mana masyarakat sasaran (para guru)
sudah memahami cara penggunaan aplikasi tersebut.
Dalam kegiatan ini, penulis meminta para guru untuk
membuka aplikasi Quizizz dan
menjelaskan kembali cara-cara penggunaan aplikasi Quizizz, yang dimulai dari cara membuat soal sampai cara
mendownload analisis tugas (penilaian). Pada saat menjelaskan ulang, terdapat
interaksi antara penulis dan para guru, yang dimana para guru memberikan
pertanyaan terkait dengan penjelasan yang kurang dipahami, lalu penulis
memberikan pemahaman kembali terkait dengan kendala yang dihadapi. Setelah para
guru memahami seluruh penjelasan dari penulis, selanjutnya penulis mencoba mengarahkan
para guru untuk mempraktekkan cara-cara tersebut secara mandiri tanpa bantuan
dari penulis, untuk mengetahui apakah para guru sudah cukup memahami mengenai
cara penggunaan aplikasi Quizizz.
Dalam kegiatan mempraktekkan ulang ini, penulis melihat para guru sudah lebih memahami
penggunaan aplikasi Quizizz ini
secara menyeluruh dan para guru juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini,
dikarenakan para guru juga akan mencoba menggunakan aplikasi Quizizz ini dalam proses pembelajaran
daring. Sehingga, para guru dapat melihat perkembangan siswanya selama pembelajaran
daring setelah menggunakan aplikasi ini.