Pendampingan dalam Mempraktekkan Ulang Cara Penggunaan Aplikasi Quizizz secara Menyeluruh


Pada hari Selasa, 27 Juli 2021 adalah minggu ke-4 kegiatan KKNbD 2021. Penulis melakukan kegiatan pendampingan dalam mempraktekkan ulang cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz secara menyeluruh. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada SD No. 1 Kerobokan dengan masyarakat sasaran (para guru), yang dimana penulis melakukan kegiatan tersebut secara langsung (luring) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan media LCD/Proyektor dan laptop, agar penulis mudah menjelaskan serta masyarakat sasaran (para guru) dapat memahami dengan jelas cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz.

Pada minggu ke-2 dan ke-3 penulis sudah menjelaskan dan mempraktekkan cara penggunaan aplikasi Quizizz secara bertahap. Dalam kegiatan ini, penulis menjelaskan dan mempraktekkan kembali (secara ulang) cara atau tutorial penggunaan aplikasi Quizizz tersebut secara menyeluruh, dengan tujuan agar masyarakat sasaran (para guru) memiliki pemahaman yang kuat dan mendalam mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz ini. Penulis hanya menjelaskan dan mempraktekkan berdasarkan kesimpulan yang sudah dibuat mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz, karena kegiatan ini hanya untuk mengetahui sejauh mana masyarakat sasaran (para guru) sudah memahami cara penggunaan aplikasi tersebut.

Dalam kegiatan ini, penulis meminta para guru untuk membuka aplikasi Quizizz dan menjelaskan kembali cara-cara penggunaan aplikasi Quizizz, yang dimulai dari cara membuat soal sampai cara mendownload analisis tugas (penilaian). Pada saat menjelaskan ulang, terdapat interaksi antara penulis dan para guru, yang dimana para guru memberikan pertanyaan terkait dengan penjelasan yang kurang dipahami, lalu penulis memberikan pemahaman kembali terkait dengan kendala yang dihadapi. Setelah para guru memahami seluruh penjelasan dari penulis, selanjutnya penulis mencoba mengarahkan para guru untuk mempraktekkan cara-cara tersebut secara mandiri tanpa bantuan dari penulis, untuk mengetahui apakah para guru sudah cukup memahami mengenai cara penggunaan aplikasi Quizizz. Dalam kegiatan mempraktekkan ulang ini, penulis melihat para guru sudah lebih memahami penggunaan aplikasi Quizizz ini secara menyeluruh dan para guru juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dikarenakan para guru juga akan mencoba menggunakan aplikasi Quizizz ini dalam proses pembelajaran daring. Sehingga, para guru dapat melihat perkembangan siswanya selama pembelajaran daring setelah menggunakan aplikasi ini.


Tentang Penulis