Pendampingan dalam Pemilihan dan Pembuatan Media Sosial untuk Promosi Produk
- Oleh I Made Aribawa
- Sunday 25/07/2021
- Kelompok 122, Kelompok, Kelompok
Pada minggu ke-3 KKNbD tepatnya dari tanggal 17-19 Juli 2021 penulis melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran (pedagang) dalam pemilihan dan pembuatan media sosial yang akan digunakan untuk promosi produk. Kegiatan ini dilakukan di rumah dan tempat usaha masyarakat sasaran (pedagang) yang dilakukan secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pendampingan ini dilakukan secara bertahap dengan membagi 2 masyarakat sasaran (pedagang) per harinya.
Dalam melakukan pendampingan pemilihan dan pembuatan media sosial, penulis memperkenalkan dan menjelaskan kembali media sosial yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia yang tentunya dapat digunakan untuk promosi produk. Media sosial tersebut adalah Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Penulis menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari setiap media sosial tersebut kemudian memilih media sosial yang sesuai dengan usaha dari setiap masyarakat sasaran (pedagang).
Dari semua masyarakat sasaran (pedagang) yang berjumlah 6 orang memilih media sosial yang sesuai dan mudah digunakan untuk promosi produknya. Pedagang anyaman yang berjumlah 2 orang memilih untuk menggunakan Instagram, kemudian pedagang makanan dan lainnya memilih untuk menggunakan WhatsApp dan Facebook dalam melakukan promosi produknya nanti. Ketiga media sosial tersebut dipilih karena memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan, gratis, banyak digunakan oleh masyarakat, dan memiliki fitur yang mendukung dalam melakukan promosi berupa foto produk. Setelah menentukan media sosial yang akan digunakan untuk promosi produk, penulis kemudian membuatkan akun media sosial tersebut dan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan promosi produk dalam media sosial yang sudah dimiliki oleh setiap masyarakat sasaran (pedagang).
Tujuan penulis melakukan kegiatan tersebut adalah agar masyarakat sasaran (pedagang) dapat menggunakan media sosial dalam mempromosikan produknya guna meningkatkan penjualan di masa pandemi COVID-19. Dengan penerapan media sosial dalam promosi produk masyarakat sasaran (pedagang) dapat menjangkau lebih luas calon konsumennya sehingga dapat meningkatkan penjualan dari usaha mereka. Dalam kegiatan ini masyarakat sasaran (pedagang) terlihat antusias dan menikmatinya sehingga masyarakat sasaran (pedagang) cepat mengerti dalam penggunaan media sosial untuk promosi produknya.