Pendampingan Digital Marketing Melalui Media Sosial pada Remaja Perintis Usaha di Desa Selat, Kecamatan Sukasada secara Door to Door
- Oleh Komang Jepri Kusuma Jaya
- Tuesday 27/07/2021
- Kelompok 67, Kelompok, Kelompok
Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran
terhadap materi yang telah diberikan dan dijelaskan yakni Digital Marketing dan
juga dalam rangka melakukan pendekatan serta melibatkan langsung masyarkat
sasaran dengan proyek KKNT yang telah saya rancang, saya melakukan pertemuan secara
langsung (luring) terhadap masyrakat sasaran. Pertemuan dilakukan secara Door
to Door atau dengan kata lain saya mengunjungi masyarakat perorang dengan
tujuan masyarakat sasaran dapat lebih terbuka untuk berdiskusi. Di lain sisi,
hal ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko penularan COVID-19 yang kian
meningkat. Pertemuan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang
ketat. Setiap pertemuan berlangsung kurang lebih selama 2 jam yang dilaksanakan
pada tanggal 25-26 Juli 2021. Pertemuan ini menitikberatkan pada kendala yang
dialami masyarakat sasaran dalam penerapan Digitial Marketing pada usaha yang
mereka rintis.
Semua pertemuan berlangsung dengan lancar. Setiap masyarakat
sasaran memiliki antusias yang tinggi untuk berdiskusi. Tidak hanya mendiskusikan
kendala yang mereka hadapi, masyarakat sasaran juga banyak yang bertanya mengenai
tips meningkatkan penjualan mereka secara digital seperti tips untuk melakukan
editing foto di smartphone, membuat flyer produk, dan lain sebagainya. Sebagai contoh
salah satu masyarakat sasaran atas nama Gede Adi Purnawan yang merupakan
perintis usaha warung kopi menanyakan bagaimana cara membuat menu makanan dan
minuman dengan menarik.
Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir atau penutup program KKNT
yang saya rancang dan jalankan. Adapun kendala ringan yang saya hadapi tidak
hanya pada pertemuan ini, tetapi juga pada kegiatan lain sebelumnya adalah susahnya
menemukan waktu yang pas untuk melakukan kegiatan. Kendala ini terbilang wajar
karena mengingat masyarakat sasaran memiliki kesibukan yakni sedang menjalankan
usaha mereka. Meskipun demikian, melihat antusias mereka, besar harapan saya
bahwa proyek KKNT ini dapat meyakinkan mereka untuk menjalankan Digital
Marketing pada usahanya sehingga statistik penjualannya dapat meningkat.