Pendampingan Kerja Secara Daring Menggunakan Whatsapp

Pada (24/07/2020), pengusul melakukan pendampingan kerja secara daring dengan memanfaatkan fitur video call menggunakan aplikasi whatsaap. Penggunaan fitur video call digunakan berdasarkan kesepakatan antara pengusul dan juga masyarakat sasaran yang terdiri dari 5 orang, namun salah satunya berhalangan hadir untuk mengikuti percakapan yang telah berlangsung. Pendampingan kerja ini dilakukan dengan menjawab pertanyaan maupun mencoba memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi saat melaksanakan implementasi dari materi yang telah diberikan seperti, strategi marketing dan penggunaan media sosial bagi kelangsungan bisnis. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat seperti dibawah ini :

1. Kurang memahami bagaimana cara membuat konten yang menarik agar dapat menarik minat konsumen.

2. Kurangnya minat konsumen untuk membeli produk olahan rumahan ini dikarenakan pembeli belum mengetahui rasa dari produk yang dibuat jika dipasarkan secara online.

3. Bagi masyarakat awam atau calon pembeli dapat saja khawatir dengan berbelanja online karena banyaknya penipuan yang terjadi baik dari segi rasa, kemasan, ukuran dan lain sebagainya.

4. Saat ini berjualan menggunakan media sosial sudah banyak dilakukan oleh berbagai kategori produk, hal tersebut membuat masyarakt merasa ragu dapat bersaing dan memasarkan produk yang mereka hasilkan.

Dari permasalahan tersebut maka pengusul berusaha membantu untuk mencarikan solusi yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masayrakat. Maka saran yang diberikan seperti:

1. Agar dapat membuat konten yang menarik minat pembeli dapat dilakukan dengan membuat katalog foto produk satu tema, pengambilan gambar disesuaikan dengan pencahayaan dan lain sebagainya.

2. Bagi pembeli yang belum mengetahui rasa dari produk yang dibuat dapat melihat review dari orang yang sudah membelinya.

3. Agar dapat meyakinkan konsumen jika kita tidak penipu dapat dilakukan dengan mencantumkan alamat lengkap dan nomer telepon yang dapat dihubungi. Tidak hanya itu, menjaga kualitas produk dan pencantuman keterangan pendukung dapat diisi pada kemasan produk seperti, bahan yang digunakan, harga, tanggal kadaluarsa, ukuran dan lain sebagainya yang mencantumkan informasi detail mengenai produk. Sebelumnya pengusul telah memberikan materi berupa video dan juga informasi yang dikemas menggunakan power point yang dapat di baca dan dilihat agar lebih memahami penggunaan media sosial serta bagaimana strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pendapatan ditengah Pandemi COVID-19.