Pendampingan Masyarakat Sasaran dalam Praktek Program Kerja
- Oleh Mulia Ayu Hastuti
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 243, Kelompok, Kelompok
[TAHAP PELAKSANAAN]
Memberikan pelatihan berwirausaha kepada masyarakat sasaran tentu tak bisa hanya sekedar mengandalkan pemberian edukasi yang disajikan hanya berupa materi saja, perlu adanya praktek secara langsung sebagai bentuk implementasi terhadap edukasi yang telah diberikan sebelumnya dikarenakan hal yang terpenting adalah bagaimana Masyarakat sasaran mengaplikasikan materi-materi yg telah diberikan penulis berupa aksi setelah mendapatkan edukasi. Oleh sebab itu, dalam rangka praktek program kerja, penulis melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran selama praktek program kerja yang berlangsung dari tanggal 16-28 Juli 2021, alokasi ini merupakan waktu yg paling panjang diantara serangkain program kerja yang telah dilaksanakan. Alasannya adalah agar Masyarakat sasaran memiliki waktu yang lebih panjang untuk pembuatan produk hingga sampai kepada tahap pemasarannya sehingga peluang untuk melakukan penjualan yang tinggi semakin besar serta agar tercapai target awal yang seperti yang sudah tertuang dalam proposal. Bentuk pendampingan yang diberikan selama proses kegiatan ini berlangsung adalah dengan memberikan saran/solusi terkait kendala maupun segala hal yang menjadi kebingungan masyarakat sasaran selama praktek program kerja. Masyarakat sasaran diberikan keleluasaan untuk bertanya maupun berkonsultasi dengan penulis. Selama proses pendampingan, masyarakat sasaran umumnya mengajukan pertanyaan melalui chat pribadi dan tak jarang juga menelfon langsung untuk ngobrol seputar program kerja yang sedang dijalani. Tak hanya itu, Selama melakukan praktek program kerja, masyarakat sasaran diberikan keleluasaan untuk bereksplorasi mulai dari tahap pembuatan produk hingga tahap pemasaran. Penulis hanya bertindak sebagai pengarah, selebihnya di serahkan kepada masyarakat sasaran.
Kemudian, pada hari ke 8 tepatnya pada tanggal 23 Juli 2021, masyarakat sasaran melalakukan laporan perkembangan bisnis yang dijalankan dengan menyebutkan jumlah barang yang sudah terjual, media promosi yang digunakan disertai dengan bukti & alasan menggunakan media tersebut. Berdasarkan laporan yang diberikan, terlihat bahwasanya masyarakat sasaran sudah mampu mengkreasikan produk & melakukan pemasaran utamanya pemasaran online walaupun dengan penjualan yang masih tidak terlalu tinggi. Selanjutnya, masyarakat sasaran tetap melanjutkan kegiatan praktek program kerja & penulis tetap mendampingi hingga waktu yang telah ditetapkan sesuai kesepakatan dalam proposal.
Terimakasih :))