Pendampingan Mitra dalam Memasarkan Produk di Shopee dan Evaluasi Akhir

        Minggu terakhir pelaksanaan KKNbD Desa Sayan Ubud telah terlaksana sesuai dengan rencana awal. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan ini diikuti oleh enam mitra yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini yang dilakukan mulai tanggal 22 Juli hingga 1 Agustus 2021. Kegiatan ini diawali dari pembuatan akun Shopee. Mengapa shopee? Hal ini dikarenakan dari hasil survey, seluruh mitra memilih memasarkan produknya di Shoppe, tidak ada yang memilih e-commerce Lazada, Tokopedia, dll. Sehingga kami memutuskan untuk mengambil Shopee sebagai C2C e-commerce. Ada beberapa dari mereka yang belum memiliki akun, dan ada beberapa dari mereka yang belum memliki akun dan saya memberikan solusi melalui video Youtube yang dapat diakses oleh semua orang https://youtu.be/AaHoi9I0BQE. Pembuatan akun dilakukan selama 2 hari sembari dilakukan konsultasi secara online.

      Setelah kegiatan pembuatan akun Shopee selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan secara langsung dan online melalui Whatsapp. Kegiatan ini diikuti oleh 5 orang mitra saja karena ada satu mitra yang menyusul kegiatan dimulai dari tanggal 23-31 Agustus 2021. Mitra yang tidak memiliki kendala, langsung melakukan pemasaran online di Handphone/Laptop dan didampingi secara online melalui Whatsapp. Bilamana ada mitra yang memiliki kendala, mereka langsung menyampaikan kendalanya di grup. Sebelum mitra memasarkan produknya, saya telah mengirimkan tutorialnya melalui link Youtube https://www.youtube.com/watch?v=mOm9HMhM57E. namun, setelah mitra menonton tutorial tersebut, ada beberapa dari mereka yang meminta untuk didampingi secara langsung dalam memasarkan produknya karena masih merasa kebingungan dan takut salah. Solusinya adalah kami melangsungkan kegiatan ini secara luring dengan tetap mematuhi protocol kesehatan. Setelah seluruh mitra melakukan pemasaran termasuk yang menyusul telah didampingi secara langsung juga, mereka semua mengirimkan nama tokonya ke group sebagai bukti kegiatan yang telah dijalani. Alhasil, sudah ada status dari konsumen seperti ada yang memesan produk, konsumen bertanya-tanya, serta konsumen hanya melihat, karena tidak hanya di Shopee, mereka juga memasarkan barang dan jasa pembuatan lukisan di social medianya.

      Sebagai akhir dari kegiatan, saya telah mengirimkan sebuah evaluasi akhir melalui Google Form yang didalamnya terdapat beberapa kesan, pesan, dan manfaat dari kegiatan ini. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Whatsapp yang diikuti oleh enam mitra pada 1 Agustus 2021 https://forms.gle/64vWBYcxqGJkDAmLA. Seluruh mitra telah mengisi kuisioner tersebut dengan lapang dada. Banyak kesan dan pesan yang diberikan kepada saya. Singkatnya, kesannya sangat menarik dan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat benar-benar membantu mereka dalam menangani masalah ekonomi yang dibuktikan dengan adanya konsumen yang mulai memesan produk. Walaupun baru sedikit, tetapi setidaknya sudah ada, pungkas mereka. Saran yang diberikan kepada saya khususnya terkait kegiatan ini singkatnya adalah mitra meminta untuk dilakukan pertemuan secara langsung/tatap muka karena bagi mereka tidak semua orang bisa memahami materi melalui video ataupun tulisan serta mereka meminta agar kedepannya tidak hanya membahas satu sub topik yaitu pemasaran saja, namun segala aspek perekonomian. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sudah berjalan dengan lancer walaupun terdapat beberapa kendala didalamnya, namun tujuan dan target yang ingin dicapai sebelumnya sudah terwujud dan dapat membantu masyarakat sasaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Penulis