Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Dalam Pembuatan Jadwal Belajar Anak Di Rumah Serangkaian Program Kerja KMbD Orang Tua Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah

“Pelatihan Terhadap Orang Tua Siswa SD Sebagai Desainer Pembelajaran Di Rumah Dalam Proses Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid-19”

27 Juli 2020

    Kegiatan KMbD dilanjutkan dengan memberikan “Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Dalam Pembuatan Jadwal Belajar Anak Di Rumah Serangkaian Program Kerja KMbD Orang Tua Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah” kepada 5 masyarakat sasaran di daerah Banjar Tengkulak Kelod, yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar. Sebagai desainer pembelajaran anak di rumah (guru di rumah) penting untuk orang tua mengetahui jadwal belajar daring anak sehingga orang tua dapat mengetahui kapan mereka harus meluangkan waktu untuk mendampingi anak belajar. Selain itu melalui jadwal belajar anak, orang tua dapat membuat jadwal yang efektif untuk anak dirumah. Terdiri dari jam belajar daring , jam bermain, jam istirahat anak, jam belajar bersama anak maupun kegiatan kreatif anak. Tujuan dari pendampingan pembuatan jadwal anak kepada masyarakat sasaran dimaksudkan agar para masyarakat sasaran atau para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar dapat merancang jadwal belajar anak mereka secara seimbang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mendatangi para masyarakat sasaran secara langsung, hal ini dilakukan karena kebanyakan masyarakat sasaran tidak bisa meluangkan waktu secara bersamaan, selain itu terkendala koneksi yang tidak bisa bergabung dengan media Zoom, sehingga keputusan ini diambil dimaksudkan agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai dan kegiatan dapat terlaksanakan dengan baik. Dalam kegiatan terjun langsung saya serta masyarakat sasaran tetap memperhatikan serta mentaati protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah tentang pencengahan Penularan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak cukup dengan masyarakat sasaran serta mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran.  Adapun langkah kegiatan yang dilakukan secara rinci sebagai berikut:

Kegiatan 1

Memberitahu atau mengkonfirmasi masyarakat sasaran mengenai jadwal pendampingan masyarakat dalam membuat jadwal belajar anak di rumah.

Kegiatan 2

Pelaksanaan kegiatan pendampingan kepada masyarakat dalam membuat jadwal belajar anak dirumah. Sebelumnya saya telah membuat beberapa contoh dari jadwal belajar anak dirumah disertai dengan jadwal kegiatan yang dapat dijadikan acuan oleh para orang tua dalam membuat jadwal kegiatan belajar maupun kegiatan di rumah bersama anak.

Dengan pembuatan jadwal anak akan mempermudah para orang tua untuk mendampingi, mendidik serta mengajar anak di rumah. Namun penting bagi orang tua sendiri untuk meminta persetujuan anak dalam pembuatan jadwal belajar anak atau pun kegiatan anak di rumah. Saya harap dengan kegiatan ini dapat membantu para orang tua makin terampil sebagai desainer pembelajaran anak di rumah, dapat mengatasi masalah anak yang bandel dengan aktivitas belajar mereka di rumah. 

Tentang Penulis
Desak Nyoman Ayu Dwi Wulandari