Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Dalam Pembuatan Jadwal Belajar Anak Di Rumah Serangkaian Program Kerja KMbD Orang Tua Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah
- Oleh Desak Nyoman Ayu Dwi Wulandari
- Wednesday 29/07/2020
- Kelompok 193, Kelompok, Kelompok
“Pelatihan
Terhadap Orang Tua Siswa SD Sebagai Desainer Pembelajaran Di Rumah Dalam Proses
Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid-19”
27 Juli 2020
Kegiatan KMbD dilanjutkan dengan memberikan “Pendampingan
Para Masyarakat Sasaran Dalam Pembuatan Jadwal Belajar Anak Di Rumah
Serangkaian Program Kerja KMbD Orang Tua Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di
Rumah” kepada 5 masyarakat
sasaran di daerah Banjar Tengkulak Kelod, yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia
sekolah dasar. Sebagai desainer pembelajaran anak di rumah (guru di rumah)
penting untuk orang tua mengetahui jadwal belajar daring anak sehingga orang
tua dapat mengetahui kapan mereka harus meluangkan waktu untuk mendampingi anak
belajar. Selain itu melalui jadwal belajar anak, orang tua dapat membuat jadwal
yang efektif untuk anak dirumah. Terdiri dari jam belajar daring , jam bermain,
jam istirahat anak, jam belajar bersama anak maupun kegiatan kreatif anak.
Tujuan dari pendampingan pembuatan jadwal anak kepada masyarakat sasaran
dimaksudkan agar para masyarakat sasaran atau para orang tua yang memiliki
anak usia sekolah dasar dapat merancang jadwal belajar anak mereka secara
seimbang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mendatangi para masyarakat
sasaran secara langsung, hal ini dilakukan karena kebanyakan masyarakat sasaran
tidak bisa meluangkan waktu secara bersamaan, selain itu terkendala koneksi
yang tidak bisa bergabung dengan media Zoom, sehingga keputusan ini diambil
dimaksudkan agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai dan kegiatan dapat
terlaksanakan dengan baik. Dalam kegiatan terjun langsung saya serta masyarakat
sasaran tetap memperhatikan serta mentaati protokol kesehatan sesuai dengan
aturan pemerintah tentang pencengahan Penularan Covid-19 dengan memakai masker,
menjaga jarak cukup dengan masyarakat sasaran serta mencuci tangan sebelum dan
sesudah melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran. Adapun langkah kegiatan yang dilakukan secara
rinci sebagai berikut:
Kegiatan
1
Memberitahu atau mengkonfirmasi masyarakat sasaran
mengenai jadwal pendampingan masyarakat dalam membuat jadwal belajar anak di
rumah.
Kegiatan
2
Pelaksanaan kegiatan pendampingan kepada masyarakat dalam
membuat jadwal belajar anak dirumah. Sebelumnya saya telah membuat beberapa contoh
dari jadwal belajar anak dirumah disertai dengan jadwal kegiatan yang dapat
dijadikan acuan oleh para orang tua dalam membuat jadwal kegiatan belajar
maupun kegiatan di rumah bersama anak.
Dengan pembuatan jadwal anak akan mempermudah para orang
tua untuk mendampingi, mendidik serta mengajar anak di rumah. Namun penting
bagi orang tua sendiri untuk meminta persetujuan anak dalam pembuatan jadwal
belajar anak atau pun kegiatan anak di rumah. Saya harap dengan kegiatan ini
dapat membantu para orang tua makin terampil sebagai desainer pembelajaran anak
di rumah, dapat mengatasi masalah anak yang bandel dengan aktivitas belajar
mereka di rumah.