Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah Serangkaian Program Kerja KMbD
- Oleh Desak Nyoman Ayu Dwi Wulandari
- Wednesday 29/07/2020
- Kelompok 193, Kelompok, Kelompok
“Pelatihan
Terhadap Orang Tua Siswa SD Sebagai Desainer Pembelajaran Di Rumah Dalam Proses
Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid-19”
27 Juli 2020
Kegiatan KMbD dilanjutkan dengan memberikan “Pendampingan
Para Masyarakat Sasaran Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah” kepada
5 masyarakat sasaran di daerah Banjar Tengkulak Kelod, yaitu ibu-ibu yang
memiliki anak usia sekolah dasar. Dalam kegiatan ini saya mendampingi para
orang tua dalam mengajar anaknya dirumah setelah sebelumnya mendapatkan
pembelajaran daring dari guru sang anak. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan
sebagai langkah evaluasi awal, agar saya bisa mengetahui bagaimana para
masyarakat sasaran saya bisa mengimplementasikan apa yang telah saya sampaikan
dapat mereka realisasi-kan dalam pembelajaran anak mereka. Pelaksanaan kegiatan
ini saya lakukan dengan memilih terjun langsung kelapangan, hal ini dilakukan
karena kebanyakan masyarakat sasaran tidak bisa meluangkan waktu secara
bersamaan, selain itu ter-kendala koneksi yang tidak bisa bergabung dengan media
Zoom, sehingga keputusan ini diambil dimaksudkan agar tujuan kegiatan ini dapat
tercapai dan kegiatan dapat terlaksana-kan dengan baik. Dalam kegiatan terjun
langsung saya serta masyarakat sasaran tetep memperhatikan serta mentaati
protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah tentang pencengahan
Penularan Covid-19 serta aturan New Normal menuju tatanan hidup baru. Adapun
langkah kegiatan yang dilakukan secara rinci sebagai berikut:
Kegiatan
1
Memberitahu atau mengkonfirmasi masyarakat sasaran
mengenai jadwal pendampingan masyarakat sebagai desainer pembelajaran anak
dirumah
Kegiatan
2
Pelaksanaan kegiatan pendampingan kepada masyarakat sebagai
desainer pembelajaran anak dirumah. Dimana saya akan mendampingi para orang tua
saat mereka mendampingi, mengajar anak saat mereka belajar.
Dari kegiatan
yang saya lalukan yaitu mendampingi para orang tua sebagai desainer
pembelajaran anak, saya dapat melihat bahwa para orang tua yang saya latih selama
ini sudah mampu menjadi desainer pembelajaran anak (guru) yang baik bagi anak. Para
orang tua yang saya bimbing mampu mengajar anaknya dengan sabar serta
membimbing anaknya membuat rangkuman bersama, membimbing anaknya untuk membuat
tugas yang diberikan oleh guru, serta membacakan materi anak. Anak-anak pun cuku
senang dalam pembelajaran-nya karena mereka didampingi penuh dan dibantu oleh
para orang tua mereka. Saya juga memberikan beberapa arahan dalam proses
pendampingan ini, sebagai tujuan agar para orang tua dapat membuat anak mereka
nyaman belajar dirumah walaupun harus belajar sendiri tanpa teman-teman mereka.