Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah Serangkaian Program Kerja KMbD

“Pelatihan Terhadap Orang Tua Siswa SD Sebagai Desainer Pembelajaran Di Rumah Dalam Proses Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid-19”

27 Juli 2020

Kegiatan KMbD dilanjutkan dengan memberikan “Pendampingan Para Masyarakat Sasaran Sebagai Desainer Pembelajaran Anak Di Rumah” kepada 5 masyarakat sasaran di daerah Banjar Tengkulak Kelod, yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar. Dalam kegiatan ini saya mendampingi para orang tua dalam mengajar anaknya dirumah setelah sebelumnya mendapatkan pembelajaran daring dari guru sang anak. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah evaluasi awal, agar saya bisa mengetahui bagaimana para masyarakat sasaran saya bisa mengimplementasikan apa yang telah saya sampaikan dapat mereka realisasi-kan dalam pembelajaran anak mereka. Pelaksanaan kegiatan ini saya lakukan dengan memilih terjun langsung kelapangan, hal ini dilakukan karena kebanyakan masyarakat sasaran tidak bisa meluangkan waktu secara bersamaan, selain itu ter-kendala koneksi yang tidak bisa bergabung dengan media Zoom, sehingga keputusan ini diambil dimaksudkan agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai dan kegiatan dapat terlaksana-kan dengan baik. Dalam kegiatan terjun langsung saya serta masyarakat sasaran tetep memperhatikan serta mentaati protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah tentang pencengahan Penularan Covid-19 serta aturan New Normal menuju tatanan hidup baru. Adapun langkah kegiatan yang dilakukan secara rinci sebagai berikut:

Kegiatan 1

Memberitahu atau mengkonfirmasi masyarakat sasaran mengenai jadwal pendampingan masyarakat sebagai desainer pembelajaran anak dirumah

Kegiatan 2

Pelaksanaan kegiatan pendampingan kepada masyarakat sebagai desainer pembelajaran anak dirumah. Dimana saya akan mendampingi para orang tua saat mereka mendampingi, mengajar anak saat mereka belajar.

            Dari kegiatan yang saya lalukan yaitu mendampingi para orang tua sebagai desainer pembelajaran anak, saya dapat melihat bahwa para orang tua yang saya latih selama ini sudah mampu menjadi desainer pembelajaran anak (guru) yang baik bagi anak. Para orang tua yang saya bimbing mampu mengajar anaknya dengan sabar serta membimbing anaknya membuat rangkuman bersama, membimbing anaknya untuk membuat tugas yang diberikan oleh guru, serta membacakan materi anak. Anak-anak pun cuku senang dalam pembelajaran-nya karena mereka didampingi penuh dan dibantu oleh para orang tua mereka. Saya juga memberikan beberapa arahan dalam proses pendampingan ini, sebagai tujuan agar para orang tua dapat membuat anak mereka nyaman belajar dirumah walaupun harus belajar sendiri tanpa teman-teman mereka. 

Tentang Penulis
Desak Nyoman Ayu Dwi Wulandari