Pendampingan Pembuatan Akun Instagram Bisnis Catering Rumahan dan Laundry Rumahan serta Memantau Perkembangan Usaha Masyarakat Sasaran di Perumahan Mandung V, Kerambitan, Tabanan

      Dalam minggu keempat pelaksanaan KKNbD, program yang telah dirancang oleh penulis berjalan tidak lancar. Hal ini diakibatkan penulis yang sedang sakit dan tidak bisa berkunjung ke rumah masyarakat sasaran. Program pun sebenarnya bisa dijalankan melalui online menggunakan grup WhatsApp, namun hal ini tidak dirasa nyaman oleh masyarakat sasaran. Rencana awal yang program seharusnya dilakukan pada Selasa, 27 April 2021 berubah menjadi hari Minggu, 1 Agustus 2021 pukul 08.00 – 14.00 WITA. 

       Program pada Minggu keempat ini yakni pendampingan masyarakat dalam membuat akun Instagram untuk memasarkan produk mereka. Selain itu dilakukan juga pengawasan terkait jalannya usaha catering dan laundry rumahan. Namun, perkembangan yang pesat terlihat di Minggu keempat ini jika diperhatikan dari jumlah pesanan catering (menu pepes ayam, ayam geprek sambal ijo, rica-rica tahu, tahu bulat, plecing kangkung, dan nasi kotak) disertai semangat usaha dari masyarakat sasaran. Penulis juga membantu membelikan 100 pcs kotak nasi Styrofoam untuk digunakan dalam memenuhi pesanan catering. Walaupun penulis tidak bisa mendampingi secara langsung selama proses sibuk memasak pesanan dan baru sempat mengunjungi di hari Minggu, masyarakat tetap antusias dengan program KKNbD ini dan mengirimkan video dokumentasi saat mengerjakan pesanan catering. Dan di hari Minggu, 1 Agustus ini, usaha catering juga mengerjakan pesanan olahan keripik pisang, penulis pun juga ikut membantu sembari mengobrol. 

          Selain itu, dalam bidang usaha laundry rumahan, Ibu Carini sebagai salah satu pemilik usaha berkata bahwa walaupun tidak ada peningkatan pendapatan laundry yang signifikan, tetapi beliau tetap bersyukur dengan lolosnya beliau di program kartu prakerja dan bisa membeli stok pengharum pakaian dan sabun cuci. Untuk kegiatan selengkapnya dapat dilihat di video YouTube berikut:

https://youtu.be/urRqnOLfKlE 




Tentang Penulis
Herlina Auriellas Zalsa Bella