PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT
- Oleh Ni Made Yuli Wahyuni
- Thursday 16/07/2020
- Kelompok 251, Kelompok, Kelompok
Kamis, 16 Juli 2020.
Semoga semua dalam keadaan sehat.
Kegiatan KMbD pada minggu ke-2 hari pertama diisi dengan kegiatan "Sosialisasi Pengambilan Keputusan Pemasaran Dengan Analisis SWOT". Kegiatan hari ini dilakukan secara daring melalui group diskusi Whatsapp . Sosialisasi dilaksanakan dari Jam 08.00 Wita sampai Pukul 20.00 Wita, pengaturan jadwal kegiatan dilakukan sedemikian rupa mengingat ada banyak kendala yang harus dihadapi responden. Permasalahan yang sering dihadapi berupa susahnya sinyal di daerah-daerah terpencil dan kesibukan rumah tangga yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, saya mengatur waktu diskusi dengan rentang yang cukup lama.
Sosialisasi pada 16 Juli 2020 membahas beberapa materi, berikut ini saya sampaikan materi dalam sosialisasi secara ringkas :
1. Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mempromosikan suatu produk.
2. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan suatu upaya dalam kegiatan usaha untuk mendapatkan strategi bisnis dan pengambilan keputusan dalam pengembangan bisnis yang dijalankan.
3. Bagian-Bagian Analisis SWOT
Dalam analisis SWOT memerhatikan empat aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam pemasaran dan pengambilan keputusan pengembangan produk. Adapun empat aspet tersebut yaitu :
a). Strengths ( Kekuatan )
b). Weaknesses ( Kelemahan )
c). Opportunitie ( Peluang )
d). Threats ( Ancaman )
Penyampaian materi menggunakan Power Point. Power Point digunakan sebagai media penyampai materi dikarenakan Power Point memiliki fitur yang menarik dan lebih interaktif dalam penyampaian materi.
Setelah penyampaian materi dilaksanakan, dilanjutkan kegiatan diskusi. Dalam kegiatan diskusi ada dua permasalahan yang diajukan oleh responden. Pertanyaan yang diajukan yaitu:
1. Di masa pandemi seperti sekarang dunia usaha tentu banyak sekali hambatannya, untuk itu apa kiat yang harus dilakukan demi tetap berjalannya suatu usaha ?
2. Harga cengkeh tidak stabil, jika dibandingkan dengan upah harian. Bagaimana cara mengatasinya ?
Pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dengan melakukan diskusi dan mencari referensi dari berbagai sumber. Diskusi dalam sosialisai ini berakhir pada pukul 20.00 Wita setelah memecahkan permasalahan yang diajukan. Semoga dengan adanya kegiatan Sosialisai Pengambilan Keputusan Pemasaran Dengan Analisis SWOT dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian yang dapat saya sampaikan dan Terimakasih.
Semangat.
Berikut link materi Sosialisasi Pengambilan Keputusan Pemasaran Dengan Analisis SWOT: https://drive.google.com/file/d/1c0eDxHjFJeXCxMUzQPBqwXzGGGPWoqxn/view?usp=sharing