Pengecekan Hasil Evaluasi Kegiatan Sosialisasi Pembuatan Bahan Ajar Menarik (I) dan (II)

Pada Jumat, 30 Juli 2021, penulis melaksanakan pengecekan menyeluruh terhadap hasil evaluasi kegiatan sosialisasi pembuatan bahan ajar menarik (I) dan (II). Kegiatan sosialisasi pembuatan bahan ajar menarik (I) dan (II) dilaksanakan secara berturut-turut pada Rabu, 28 Juli 2021 dan Kamis, 29 Juli 2021. Kegiatan tersebut penulis laksanakan dalam rangka mengikuti KKNbD Undiksha Tahun 2021. Evaluasi ini penulis buat dalam bentuk Google Form dan terdiri dari 11 pertanyaan. Pada pertanyaan pertama, jawabannya berupa mencantumkan nama pengisi form. Pada pertanyaan kedua hingga keenam, jawabannya berupa penilaan dengan memilih 1 sampai 5 (sangat buruk sampai sangat baik) atau skala lnier. Pada pertanyaan ketujuh hingga terakhir, jawabannya berupa isian. Masyarakat sasaran yang terdiri dari 5 orang guru SD Negeri 2 Melaya, sudah mengisi evaluasi yang telah diberikan.

Hasil evaluasi terhadap kegiatan sosialisasi pembuatan bahan ajar menarik (I) dan (II) yang penulis dapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Seluruh masyarakat sasaran telah memberikan jawaban berupa nama lengkap.
  2. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kerelevanan sosialisasi yang diberikan.
  3. Satu masyarakat sasaran memberikan penilaian baik dan empat masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan materi dan apakah materi dapat dipahami.
  4. Satu masyarakat sasaran memberikan penilaian baik dan empat masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kemenarikan materi.
  5. Satu masyarakat sasaran memberikan penilaian baik dan empat masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan pemamaparan materi dan apakah pemaparan materi dapat dipahami.
  6. Satu masyarakat sasaran memberikan penilaian baik dan empat masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan suara pemateri.
  7. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan apakah sosialisasi yang diberikan membantu.
  8. Dua orang masyarakat sasaran mengalami kendala ketika mempelajari pembuatan bahan ajar menarik. Kendala yang ditemui yaitu bingung membuat animasi bergerak pada jawaban benar atau salah dan sulit memasukkan efek suara.
  9. Satu masyarakat sasaran mencari solusi dengan mempelajari materi Power Point yang diberikan dan satu masyarakat sasaran mencari solusi di Google.
  10.  Seluruh masyarakat sasaran mendapatkan hal positif dari sosialisasi ini. Hal positif yang didapatkan adalah menambah ilmu mengenai pembuatan bahan ajar menarik.
  11. Satu masyarakat sasaran menjawab bahwa sosialisasi sudah bagus dan tidak diberikan saran lagi. Empat masyarakat sasaran memberikan saran perbaikan terhadap sosialisasi ini. Saran tersebut yaitu memperbanyak kegiatan seperti ini, meningkatkan kembali kegiatan, dan memperbanyak contoh bahan ajar.

Dengan adanya evaluasi ini, penulis dapat mengetahui kekurangan atau kelemahan yang ada pada sosialisasi yang telah diadakan. Kekurangan atau kelemahan yang ada akan penulis perbaiki agar tidak terulang kembali dan kegiatan selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, dengan adanya evaluasi tersebut, penulis juga dapat mengetahui apakah masyarakat sasaran memiliki atau menemui kendala atau tidak. Jika kendala yang dihadapi oleh masyarakat sasaran belum menemukan solusi, maka penulis akan membantu memberikan solusi melalui personal chat WhatsApp.

Tentang Penulis