Pengecekan Hasil Evaluasi Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Zoom Meeting Secara Khusus (I)

Pada Selasa, 20 Juli 2021, penulis melaksanakan kegiatan pengecekan menyeluruh terhadap hasil evaluasi kegiatan sosialisasi penggunaan Zoom Meeting secara khusus (I) dalam rangka mengikuti KKNbD Undiksha Tahun 2021. Kegiatan sosialisasi penggunaan Zoom Meeting secara khusus (I), sebelumnya telah diadakan pada  Sabtu, 17 Juli 2021. Evaluasi tekait kegiatan sosialisasi ini menggunakan media Google Form. Evaluasi yang diberikan terdiri dari 11 pertanyaan, dimana pertanyaan pertama jawabannya berupa nama pengisi form, 6 pertanyaan selanjutnya jawabannya berupa penilaian dengan memilih 1 sampai 5 (sangat buruk sampai sangat baik) atau skala linier, dan 4 pertanyaan akhir jawabannya berupa isian. Pada hari ini, seluruh masyarakat sasaran yang terdiri dari 5 orang guru SD Negeri 2 Melaya telah mengisi evaluasi yang diberikan.

Hasil evaluasi yang penulis dapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Seluruh masyarakat sasaran telah mencantumkan nama.
  2. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa sosialisasi yang diberikan sudah relevan, dengan satu orang memberikan penilaian baik, dan empat orang memberikan penilaian sangat baik.
  3. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa materi yang ditampilkan sudah jelas dan dapat dipahami, dengan 3 orang memberikan penilaian baik, dan dua orang memberikan penilaian sangat baik.
  4. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa materi yang ditampilkan sudah menarik, dengan semua orang memberikan penilaian sangat baik.
  5. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa penjelasan yang diberikan sudah jelas dan dapat dipahami, dengan dua orang memberikan penilaian baik, dan tiga orang memberikan penilaian sangat baik.
  6. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa suara dari pemateri dapat terdengar dengan jelas. Semua orang memberikan penilaian sangat baik.
  7. Seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa sosialisasi yang diberikan membantu mereka, dengan semua orang memberikan penilaian sangat baik.
  8. Tiga orang masyarakat sasaran mengalami kendala ketika mempelajari penggunaan Zoom Meeting secara khusus (I). Kendala yang dialami yaitu mengubah virtual background sesuai yang diinginkan, cara share screen agar langsung terlihat materi, dan virtual background tidak mau bagus. Untuk dua orang masyarakat lainnya tidak mengalami kendala.
  9. Untuk kendala yang dialami oleh tiga orang masyarakat sasaran tersebut, dua orang belum menemukan solusi dan satu orang sudah menemukan solusi.
  10. Seluruh masyarakat sasaran mendapatkan hal positif dari sosialisasi ini. Hal positif yang didapatkan yaitu lebih memahami Zoom Meeting, lebih mudah menyampaikan materi daring dengan Zoom Meeting, menambah ilmu dan wawasan terkait penggunaan Zoom Meeting, serta dapat menggunakan Zoom Meeting untuk mengajar siswa secara daring.
  11. Seluruh masyarakat sasaran memberikan saran untuk memperbaiki kegiatan sosialisasi ini, seperti mempertegas bagian penting, memberikan Power Point keterangan singkat dan memperjelas lagi Power Point.

Penulis merasa senang karena masyarakat sasaran berkenan mengisi evaluasi yang diberikan. Dengan adanya evaluasi ini, penulis dapat mengetahui kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan yang ada pada kegiatan sosialisasi kali ini, dan penulis akan memperbaikinya pada kegiatan sosialisasi berikutnya. Dengan adanya perbaikan tersebut, kesalahan yang sudah terjadi diharapkan tidak akan terulang kembali. Untuk kendala-kendala masyarakat sasaran yang belum ditemukan solusinya, penulis akan memberikan solusinya melalui personal chat WhatsApp, dan membahas sedikit pada sosialisasi berikutnya. 

Tentang Penulis