Pengumpulan Tugas Kuis, Pemberian Skor Nilai dan Pembahasan Mengenai Jawaban Kuis Yang Tepat dari Materi ‘Greetings & Responses’

      Kuis merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar yang ditujukan kepada siswa kelas 6 SD Negeri 3 Kaliuntu yang diberikan setelah pertemuan pengajaran dan pembekalan via online yang dilakukan melalui Google Meet antara penulis dan siswa sasaran. Kuis ini bukan menjadi tolak ukur penilaian penulis terkait kemampuan siswa namun dibuat untuk membantu siswa mengingat materi ‘Greetings and Responses’ yang telah dijelaskan oleh penulis. Pengumpulam kuis dilakukan sehari setelah penulis menjelaskan mengenai materi pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar kepada siswa sasaran. Dalam pelaksanaan dan pengerjaan kuis, siswa sangat aktif bertanya kepada penulis apabila ada soal yang kurang dipahami dan siswa mengerjakan tugas kuis dengan baik serta dikumpulkan tepat waktu di grup WhatsApp.

      Tugas kuis yang dikerjakan oleh siswa sasaran diberikan skor nilai oleh penulis agar siswa sasaran lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas kuis lainnya karena lebih merasa dihargai pekerjaannya dengan memperoleh skor dalam bentuk nilai. Penulis juga memberikan jawaban dan pembahasan mengenai jawaban kuis di grup WhatsApp agar siswa mengetahui kesalahan mereka dalam memilih jawaban yang paling tepat. Pada tugas kuis pertama yang dikerjakan oleh siswa sasaran, empat dari lima siswa sasaran masih kebingungan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang dibuat oleh penulis dan kesulitan membedakan penggunaan antara ‘good afternoon’ dan ‘good evening’ ketika soal pertanyaannya dibuat dalam bentuk waktu (ex: at 4.00 p.m.) dan hal inilah yang didiskusikan bersama di grup WhatsApp oleh penulis dan siswa sasaran lainnya agar siswa sasaran mengetahui dan memahami jawaban yang sebenarnya dan alasan mengapa hal tersebut yang menjadi jawaban yang paling tepat.

Tentang Penulis