Penjelasan Mengenai Gambaran Dasar Tentang Pelaksanaan Program KKNbD terkait Materi Pengajaran dan Pembekalan Bahasa Inggris Dasar Kepada Siswa Kelas 6 SD Negeri 3 Kaliuntu melalui Google Meet

      Program kerja KKNbD kedua dilaksanakan pada Kamis, 8 Juli 2021. Dalam pelaksanaan program KKNbD kedua ini, penulis memperkenalkan materi ajar dan sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada siswa sasaran yaitu siswa kelas 6 SD Negeri 3 kelurahan Kaliuntu melalui Google meet. Dalam pertemuan Google meet penulis menjelaskan tentang sistem pelaksanaan pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar kepada siswa sasaran dimana materi yang dipaparkan oleh penulis kepada siswa sasaran menggunakan PowerPoint dan video pembelajaran dari YouTube sebagai referensi tambahan agar siswa semakin memahami materi yang diajarkan oleh penulis. Dalam pelaksanaan proses pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar ini juga, siswa sasaran juga dibuat berperan aktif dalam menanggapi materi yang diberikan penulis karena materi yang telah dipersiapkan penulis dalam bentuk PowerPoint berisi materi pembahasan untuk pengajaran dan pembekalan Bahasa Inggris dasar dan juga soal dalam bentuk isian singkat untuk membantu siswa mereview materi yang sudah dijelaskan sebelumnya oleh penulis.

      Selain itu, pada pelaksanaan program kedua KKNbD ini juga penulis mempersiapkan soal kuis dengan jumlah sepuluh sampai lima belas soal yang diberikan setelah proses pengajaran dan pembekalan selesai namun penyerahan jawaban tidak dihari itu juga namun pada hari berikutnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh penulis. Kuis ini diberikan untuk melihat pemahaman dan perkembangan siswa terhadap materi pengajaran dan pembekalan yang telah diberikan oleh penulis kepada siswa sasaran dan penulis juga memberikan feedback kepada siswa sasaran terkait tugas yang telah dikerjakan dalam bentuk nilai dan juga saran, penulis juga menyediakan  pembahasan soal kuis, materi pengajaran dalam bentuk PowerPoint, dan link video pembelajaran melalui YouTube yang dikirim ke grup. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan semangat siswa dalam kegiatan belajar-mengajar dimasa pandemi dan juga memberikan ruang bagi siswa untuk bisa lebih aktif berkomunikasi kepada pengajarnya.

Tentang Penulis