Penyampaian Materi Pemasaran Online Kepada Masyarakat Sasaran


Bukti Screenshot WhatsApp Grup Pemasaran Online


       Hari ini, Senin 13 Juli 2020 telah dilaksanakan diskusi bersama masyarakat sasaran via WhatsApp Grup. Adapun topik pada hari ini mengenai pemasaran online, dimana masyarakat diperkenalkan secara umum tentang pemasaran online. Beberapa masyarakat sangat antusias dalam diskusi sehingga memunculkan sebuah ide baru yang dapat menguntungkan bagi masyarakat. Sebuah kolaborasi antar masyarakat dengan saling memberi saran dapat membentuk kesan positif bagi kegiatan KMbD ini. Namun, kendala masih sama dengan sebelumnya yaitu masih ada masyarakat yang kurang aktif dalam diskusi kali ini, untuk itu selanjutkan akan dilakukan pendekatan atau penyampaian materi secara personal contact kepada beberapa masyarakat yang kurang aktif dalam diskusi. 

 

Penyampaian materi pemasaran online meliputi :

1.   Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online merupakan suatu aktivitas promosi untuk mengenalkan suatu produk maupun jasa dimana proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet dan juga kecanggihan tenknologi.

 

2.   Media Pemasaran Online

Media pemasaran online diantaranya :

a) Media Sosial

Saat ini masyarakat sudah banyak yang mengenal media sosial, seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter dan masih banyak lagi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial sudah sangat melekat dikehidupan masyarakat saat ini. Untuk itu dalam pemasaran online sangat tepat sekali dengan menggunakan media sosial, mengapa demikian??? Hal ini dikarenakan dengan menggunakan media sosial maka pemasaran sebuah produk akan lebih luas dan tentunya akan mendatangkan lebih banyak pembeli atau konsumen.

b) Marketplace

Sangat tidak asing lagi jika saat ini ada banyak sekali marketplace sebagai salah satu media promosi produk melalui internet. Berjualan di marketplace bisa dikatakan mudah dan tentunya sangat menguntungkan. Contoh marketplace yaitu Toko Pedia, Lazada, Buka Lapak, Shopee dan masih banyak lagi. Keuntungan dari marketplace ini yaitu lebih menjamin penjualan dikarenakan orang yang mengunjunginya sudah jelas orang yang mau belanja.

c) Website Pribadi

Ketika kita berjualan sebuah produk dalam skala besar dan membangun bisnis yang terpercaya, sebuah website atau blog probadi sangat dibutuhkan. Hal ini akan membawa konsumen lebih tertarik pada produk yang kita jual. Selain itu, alamat website juga dapat dicantumkan dalam postingan produk di Instagram atau Facebook.

d) Online Youtube

Promosi juga dapat dilakukan melalui Youtube. Bagi yang sudah memiliki channel youtube dapat melakukan pemasarannya lewat video. Namun, untuk yang belum dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk memasang iklan. Mengingat saat ini konten youtube sangat banyak sekali penggemarnya.

 

3. Keuntungan Pemasaran Online

Keuntungan pemasaran online diantaranya :

a.     Tidak Terbatas Ruang Dan Waktu

Setiap pelanggan bisa mengakses situs tempat penjualan yang digunakan untuk memasarkan produk kapanpun dan dimanapun selama mendapatkan akses internet.

b.     Biaya Pemasaran Lebih Murah

Pemasaran bisa dilakukan dengan cara memajang produk di website milik sendiri atau media sosial milik sendiri. Dengan ini tidak lagi diperlukan biaya untuk perjalanan dan cetak materi. Sehingga biaya operasional relative lebih rendah.

c.     Kemudahan Memilih Target Pasar

Pebisnis bisa menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui forum atau media sosial. Dapat pula memasang iklan secara gratis pada blog-blog tertentu, hal ini dapat membantu dalam memilih target pasar yang potensial.

d.     Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana

Tidak lagi diperlukan memajang sebuah produk atau barang secara fisik, cukup menyediakan katalog maupun daftar barang serta deskripsi singkat mengenai barang tersebut. Sehingga tidak lagi diperlukan karyawan yang banyak, cukup satu karyawan yang bertugas menangani pemasaran secara online dan karyawan dibidang pemasaran.

e.     Kemudahan Mengelola Barang

Apabila menggunakan pemasaran menggunakan website makan system pergudangan sangat baik digunakan serta dapat dengan mudah melihat stik barang. Kemudian tidak lagi diperlukan etalase, dan dapat menjual produk sesuai dengan pesanan.

f.      Pelayanan Lebih Fokus

Komputer maupun Smartphone dapat menampung semua pesanan sehingga tidak perlu khawatir akan pelanggan yang tidak terlayani. Pemilik hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian saja.

g.     Riset Pasar Lebih Mudah

Pemasaran online juga dapat membantu pelaku bisnis dalam riset pasar, salah satu caranya yaitu dengan melihat kata kunci yang sering dicari pada situs website. Kemudian juga dapat membantu dalam strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

h.     Membangun Hubungan yang Lebih Efektif

Melaui pemasaran online dapat membantu menargetkan sebuah pesan. Misalnya menggunakan Email dan kelompok sosila yang dapat melakukan komunikasi secara terus menerus, sehingga terbentuk sebuah hubungan baik antar konsumen dan pelaku bisnis.

 

4. Kekuarangan Pemasaran Online

a. Ketergantungan Pada Teknologi

Kecanggihan serta kesederhanakan yang ditawarkan oleh sebuah pemasaran online menyebabkan seseorang selalu bergantung pada sebuah teknologi. Sehingga masyarakat tidak dapat lepas dari teknologi. Dalam hal ini interaksi dengan masyarakat secara langsung juga perlu dilakukan untuk menjalin hubungan sosial yang lebih baik.

b. Isu Keamanan dan Privasi

Kerugian terbesar pada pemasaran online adalah kerentanan terhadap kegiatan penipuan. Bbanyak sekali website ataau media sosial yang tidak sah terlihat asli dan mereka merampok uang pelanggan.

c. Akses Teknologi yang Belum Merata

Bagi masyarakat kota teknologi sudah menjadi hal biasa, lain halnya dengan masyarakat pinggiran atau masyarakat desa, kecanggihan teknologi sangat sulit terjamah. Hal ini biasanya disebabkan kaarenna koneksi internet yang kurang memadai sehingga menyebabkan tekniologi lambat berkembang pada daerah tersebut.

d. Transparaasi Harga

Pemasaran online terkadang memiliki perbedaaan harga yang sangat jauh untuk satu produk. Hal ini berakibat pada meningkatnya kompetisi harga. Sehingga harga suatu produk akan anjlok atau bahkan naik.

e. Kompetisi Global

Dikarenakan jangkauan yang luas maka kompetisinya juga sangat luas. Dalam pemasaran online pesaing tidak hanya pada satu kota melainkan ada pada seluruh dunia.

 

5. Metode Pemasaran Online

a. Strategi Soft Selling

b. Strategi Hard Selling


#GoodLuck

 




Tentang Penulis
Ni Made Indra Wahyuni