Penyampaian Materi Pemasaran Online Kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Ni Made Indra Wahyuni
- Monday 13/07/2020
- Kelompok 313, Kelompok, Kelompok
Bukti Screenshot WhatsApp Grup Pemasaran Online
Hari ini, Senin 13 Juli 2020 telah dilaksanakan diskusi bersama masyarakat sasaran via WhatsApp Grup. Adapun topik pada hari ini mengenai pemasaran online, dimana masyarakat diperkenalkan secara umum tentang pemasaran online. Beberapa masyarakat sangat antusias dalam diskusi sehingga memunculkan sebuah ide baru yang dapat menguntungkan bagi masyarakat. Sebuah kolaborasi antar masyarakat dengan saling memberi saran dapat membentuk kesan positif bagi kegiatan KMbD ini. Namun, kendala masih sama dengan sebelumnya yaitu masih ada masyarakat yang kurang aktif dalam diskusi kali ini, untuk itu selanjutkan akan dilakukan pendekatan atau penyampaian materi secara personal contact kepada beberapa masyarakat yang kurang aktif dalam diskusi.
Penyampaian materi pemasaran online meliputi :
1. Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online
merupakan suatu aktivitas promosi untuk mengenalkan suatu produk maupun jasa dimana
proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet
dan juga kecanggihan tenknologi.
2. Media Pemasaran Online
Media pemasaran online diantaranya
:
a) Media
Sosial
Saat ini masyarakat sudah banyak
yang mengenal media sosial, seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter dan
masih banyak lagi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa media sosial sudah
sangat melekat dikehidupan masyarakat saat ini. Untuk itu dalam pemasaran
online sangat tepat sekali dengan menggunakan media sosial, mengapa demikian???
Hal ini dikarenakan dengan menggunakan media sosial maka pemasaran sebuah
produk akan lebih luas dan tentunya akan mendatangkan lebih banyak pembeli atau
konsumen.
b) Marketplace
Sangat tidak asing lagi jika saat
ini ada banyak sekali marketplace sebagai salah satu media promosi produk
melalui internet. Berjualan di marketplace bisa dikatakan mudah dan tentunya
sangat menguntungkan. Contoh marketplace yaitu Toko Pedia, Lazada, Buka Lapak,
Shopee dan masih banyak lagi. Keuntungan dari marketplace ini yaitu lebih
menjamin penjualan dikarenakan orang yang mengunjunginya sudah jelas orang yang
mau belanja.
c) Website
Pribadi
Ketika kita berjualan sebuah
produk dalam skala besar dan membangun bisnis yang terpercaya, sebuah website
atau blog probadi sangat dibutuhkan. Hal ini akan membawa konsumen lebih
tertarik pada produk yang kita jual. Selain itu, alamat website juga dapat
dicantumkan dalam postingan produk di Instagram atau Facebook.
d) Online
Youtube
Promosi juga dapat dilakukan
melalui Youtube. Bagi yang sudah memiliki channel youtube dapat melakukan
pemasarannya lewat video. Namun, untuk yang belum dapat bekerja sama dengan
Google Adsense untuk memasang iklan. Mengingat saat ini konten youtube sangat
banyak sekali penggemarnya.
3. Keuntungan Pemasaran Online
Keuntungan pemasaran online diantaranya :
a.
Tidak Terbatas Ruang Dan Waktu
Setiap pelanggan bisa mengakses situs tempat penjualan yang digunakan
untuk memasarkan produk kapanpun dan dimanapun selama mendapatkan akses
internet.
b.
Biaya Pemasaran Lebih Murah
Pemasaran bisa dilakukan dengan cara memajang produk di website milik
sendiri atau media sosial milik sendiri. Dengan ini tidak lagi diperlukan biaya
untuk perjalanan dan cetak materi. Sehingga biaya operasional relative lebih
rendah.
c.
Kemudahan Memilih Target Pasar
Pebisnis bisa menawarkan produk kepada para komunitas tertentu melalui
forum atau media sosial. Dapat pula memasang iklan secara gratis pada blog-blog
tertentu, hal ini dapat membantu dalam memilih target pasar yang potensial.
d.
Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana
Tidak lagi diperlukan memajang sebuah produk atau barang secara fisik,
cukup menyediakan katalog maupun daftar barang serta deskripsi singkat mengenai
barang tersebut. Sehingga tidak lagi diperlukan karyawan yang banyak, cukup
satu karyawan yang bertugas menangani pemasaran secara online dan karyawan
dibidang pemasaran.
e.
Kemudahan Mengelola Barang
Apabila menggunakan pemasaran menggunakan website makan system pergudangan
sangat baik digunakan serta dapat dengan mudah melihat stik barang. Kemudian tidak
lagi diperlukan etalase, dan dapat menjual produk sesuai dengan pesanan.
f.
Pelayanan Lebih Fokus
Komputer maupun Smartphone dapat menampung semua pesanan sehingga tidak
perlu khawatir akan pelanggan yang tidak terlayani. Pemilik hanya perlu
melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian saja.
g.
Riset Pasar Lebih Mudah
Pemasaran online juga dapat membantu pelaku bisnis dalam riset pasar,
salah satu caranya yaitu dengan melihat kata kunci yang sering dicari pada
situs website. Kemudian juga dapat membantu dalam strategi pemasaran yang tepat
untuk meningkatkan penjualan.
h.
Membangun Hubungan yang Lebih Efektif
Melaui
pemasaran online dapat membantu menargetkan sebuah pesan. Misalnya menggunakan
Email dan kelompok sosila yang dapat melakukan komunikasi secara terus menerus,
sehingga terbentuk sebuah hubungan baik antar konsumen dan pelaku bisnis.
4. Kekuarangan Pemasaran Online
a. Ketergantungan Pada Teknologi
Kecanggihan serta kesederhanakan yang ditawarkan oleh sebuah
pemasaran online menyebabkan seseorang selalu bergantung pada sebuah teknologi.
Sehingga masyarakat tidak dapat lepas dari teknologi. Dalam hal ini interaksi
dengan masyarakat secara langsung juga perlu dilakukan untuk menjalin hubungan
sosial yang lebih baik.
b. Isu Keamanan dan Privasi
Kerugian terbesar pada pemasaran online adalah kerentanan terhadap
kegiatan penipuan. Bbanyak sekali website ataau media sosial yang tidak sah
terlihat asli dan mereka merampok uang pelanggan.
c. Akses Teknologi yang Belum Merata
Bagi masyarakat kota teknologi sudah menjadi hal biasa, lain
halnya dengan masyarakat pinggiran atau masyarakat desa, kecanggihan teknologi
sangat sulit terjamah. Hal ini biasanya disebabkan kaarenna koneksi internet
yang kurang memadai sehingga menyebabkan tekniologi lambat berkembang pada
daerah tersebut.
d. Transparaasi Harga
Pemasaran online terkadang memiliki perbedaaan harga yang sangat
jauh untuk satu produk. Hal ini berakibat pada meningkatnya kompetisi harga. Sehingga
harga suatu produk akan anjlok atau bahkan naik.
e. Kompetisi Global
Dikarenakan jangkauan yang luas maka kompetisinya juga sangat
luas. Dalam pemasaran online pesaing tidak hanya pada satu kota melainkan ada
pada seluruh dunia.
5. Metode Pemasaran Online
a. Strategi
Soft Selling
b. Strategi Hard Selling