Penyampaian Materi Tentang Cara Pembuatan Hand Sanitizer dalam Bentuk Video Pembelajaran yang Dikirimkan Melalui Grup Whatsapp.

Dalam melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) di Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, penulis telah berhasil melaksanakan program kerja yang telah ditulis di dalam proposal, salah satunya yaitu membuat video pembelajaran proses pembuatan hand sanitizer. Hand sanitizer merupakan pembersih tangan yang memiliki kemampuan antibakteri dalam menghambat hingga membunuh bakteri. Ada dua jenis hand sanitizer, yaitu hand sanitizer gel dan hand sanitizer spray. Pada kesempatan kali ini, penulis membuat video tutorial mengenai hand sanitizer spray. Hand sanitizer spray merupakan pembersih tangan berbentuk spray untuk membersihkan atau menghilangkan kuman pada tangan yang mengandung bahan aktif irgasan DP 300 : 0,1% dan alkohol 60%. Hand sanitizer yang berbentuk cair atau spray lebih efektif dibandingkan hand sanitizer gel dalam menurunkan angka kuman pada tangan.


    Video tutorial pembuatan hand sanitizer ini saya buat pada tanggal 25 Juli 2021. Saya membuat video tutorial tersebut agar nantinya dapat saya sampaikan kepada masyarakat sasaran KKNbD Desa Padangan. Adapun masyarakat sasaran saya berjumlah 6 orang, diantaranya 1 orang Ketua PKK, 1 orang Kader Kesehatan, 1 orang Ketua Karang Taruna di Desa Padangan, salah seorang mahasiswa yang juga merupakan masyarakat Desa Padangan, dan 2 orang masyarakat lainnya. Tujuan saya membuat video tutorial tersebut adalah untuk menambah pengetahuan serta mengedukasi masyarakat mengenai cara membuat hand sanitizer di rumah. Diharapkan nantinya masyarakat sasaran dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu untuk membuat hand sanitizer sendiri.


Tentang Penulis
Ni Nengah Sujitawati