Penyiapan Materi Vocabulary dengan Tema Lingkungan Rumah dan Pembuatan Kuis melalui Aplikasi Quizizz pada Minggu Ketiga Pelaksanaan KKNT 2021.

            Rabu, 21 Juli 2021. Kegiatan KKNT 2021 minggu ketiga dimulai dari tanggal 19 Juli 2021. Pada minggu ini terdapat 3 agenda yang dilaksanakan yaitu pembuatan materi vocabulary dengan tema lingkungan rumah, pembelajaran melalui WhatsApp Group, dan mengadakan kuis melalui aplikasi Quizizz. Pembelajaran dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh lima orang siswa kelas VI tingkat Sekolah Dasar di Desa Pancasari. Pembelajaran minggu ketiga ini juga akan dievaluasi melalui pengadaan kuis di Aplikasi Quizizz. Aplikasi ini dapat dijalankan melalui smartphone dan laptop yang membuat kegiatan pembelajaran dapat diakses dengan mudah di rumah masing-masing.

       Penyiapan materi dilaksanakan dari hari Senin dan Selasa pada tanggal 19-20 Juli 2021 yang dilakukan di rumah dengan menggunakan Laptop sebagai sarana pendukung penyiapan materi. Dalam penyiapan materi ini, penulis mencari sumber materi melalui internet dengan Google sebagai media pendukungnya. Selain itu penulis juga mengunduh beberapa gambar yang dapat dijadikan media mereka untuk mengilustrasikan setiap kosa kata Bahasa Inggris yang mereka pelajari. Dengan adanya gambar, diharapkan setiap siswa dapat memahami kata-kata tersebut dengan baik sehingga pemahaman mereka dapat dibentuk secara efektif. Materi-materi yang sudah dicari sebelumnya di internet, kemudian di edit menggunakan aplikasi Power Point (gambar terlampir). Dalam Power Point ini, penulis membagikan 30 kosa kata Bahasa Inggris lengkap dengan gambar, phonetic, dan terjemahannya, sehingga mudah untuk dimengerti dan dilafalkan oleh siswa.

       Dalam menyiapkan kuis melalui aplikasi Quizizz, penulis memberikan 15 soal kepada siswa. Kuis minggu ketiga dengan tema lingkungan rumah ini nantinya akan dilaksanakan pada hari sabtu, 24 Juli 2021. Kuis ini menggunakan metode Make a Match, yang merupakan metode pembelajaran aktif yang melibatkan siswa untuk mencari pasangan dari suatu konsep ke konsep baru yang memiliki keterhubungan (Fransiska, 2013). Bagi penulis, metode ini dapat digunakan dalam aplikasi Quizizz sebagai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Kuis ini merupakan soal objektif, yang dimana dalam 1 soal akan menanyakan apa nama benda yang ditampilkan dalam soal tersebut. Sehingga siswa disini akan mencari dan menentukan jawaban mana yang sesuai dengan gambar/ konsep yang ditampilkan pada setiap soal tersebut.

Referensi

Fransiska, I. E. (2013). “Penggunaan metode pembelajaran make a match dalam penguasaan vocabulary untuk                     meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan                     Dasar. 1(1); 27-32. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1300.


Tentang Penulis
Gede Angga Pratama Anugraha