Penyiapan Materi Vocabulary dengan Tema Lingkungan Rumah dan Pembuatan Kuis melalui Aplikasi Quizizz pada Minggu Ketiga Pelaksanaan KKNT 2021.
- Oleh Gede Angga Pratama Anugraha
- Thursday 22/07/2021
- Kelompok 68, Kelompok, Kelompok
Rabu,
21 Juli 2021. Kegiatan KKNT 2021 minggu ketiga dimulai dari tanggal 19 Juli
2021. Pada minggu ini terdapat 3 agenda yang dilaksanakan yaitu pembuatan
materi vocabulary dengan tema lingkungan rumah, pembelajaran melalui WhatsApp
Group, dan mengadakan kuis melalui aplikasi Quizizz. Pembelajaran
dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh lima orang siswa kelas VI tingkat
Sekolah Dasar di Desa Pancasari. Pembelajaran minggu ketiga ini juga akan
dievaluasi melalui pengadaan kuis di Aplikasi Quizizz. Aplikasi
ini dapat dijalankan melalui smartphone dan laptop yang membuat kegiatan
pembelajaran dapat diakses dengan mudah di rumah masing-masing.
Penyiapan materi dilaksanakan dari
hari Senin dan Selasa pada tanggal 19-20 Juli 2021 yang dilakukan di rumah
dengan menggunakan Laptop sebagai sarana pendukung penyiapan materi. Dalam
penyiapan materi ini, penulis mencari sumber materi melalui internet dengan
Google sebagai media pendukungnya. Selain itu penulis juga mengunduh beberapa
gambar yang dapat dijadikan media mereka untuk mengilustrasikan setiap kosa
kata Bahasa Inggris yang mereka pelajari. Dengan adanya gambar, diharapkan
setiap siswa dapat memahami kata-kata tersebut dengan baik sehingga pemahaman
mereka dapat dibentuk secara efektif. Materi-materi yang sudah dicari sebelumnya
di internet, kemudian di edit menggunakan aplikasi Power Point (gambar
terlampir). Dalam Power Point ini, penulis membagikan 30 kosa kata Bahasa
Inggris lengkap dengan gambar, phonetic, dan terjemahannya, sehingga
mudah untuk dimengerti dan dilafalkan oleh siswa.
Dalam menyiapkan kuis melalui
aplikasi Quizizz, penulis memberikan 15 soal kepada siswa. Kuis minggu ketiga
dengan tema lingkungan rumah ini nantinya akan dilaksanakan pada hari sabtu, 24
Juli 2021. Kuis ini menggunakan metode Make a Match, yang merupakan
metode pembelajaran aktif yang melibatkan siswa untuk mencari pasangan dari
suatu konsep ke konsep baru yang memiliki keterhubungan (Fransiska, 2013). Bagi
penulis, metode ini dapat digunakan dalam aplikasi Quizizz sebagai tujuan
untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Kuis ini merupakan soal
objektif, yang dimana dalam 1 soal akan menanyakan apa nama benda yang
ditampilkan dalam soal tersebut. Sehingga siswa disini akan mencari dan
menentukan jawaban mana yang sesuai dengan gambar/ konsep yang ditampilkan pada
setiap soal tersebut.
Referensi
Fransiska, I. E.
(2013). “Penggunaan metode pembelajaran make a match dalam penguasaan vocabulary
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris”.
Jurnal Kajian Pendidikan dan Pendidikan Dasar. 1(1); 27-32. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1300.