Penyusunan Laporan Akhir Kuliah Kerja Nyata Tematik

        Minggu terakhir pelaksanaan KKN berbasis daring ini dilakukan dengan kegiatan penyusunan laporan akhir. Kegiatan ini dilakukan di rumah hampir setiap hari dari tanggal 30 hingga 3 Agustus 2021. Sembari menanti evaluasi akhir dari para mitra, saya melakukan kegiatan penyusunan laporan dengan sistem menyicil. Tidak lupa saya menambahkan sumber-sumber penting berupa referensi yang didapatkan melalui jurnal online. Setelah laporan itu selesai, saya dan Ibu dosen mengadakan bimbingan melalui Whatsapp kemudian melakukan revisi.

        Hari demi hari telah dilewati, revisi selalu saya lakukan dengan pantauan Ibu dosen pembimbing, jika sudah maksimal saya pun meminta beliau untuk mengesahkan laporan akhir KKNT ini karena akan dilanjutkan dengan kegiatan ke Kantor Kepala Desa Sayan. Pada hari Selasa, 3 Juli 2021, kami mahasiswa yang mengadakan KKNbD Desa Sayan yang berjumlah 10 orang mengunjungi Kantor Perbekel Sayan dan kami berbincang-bincang dengan beliau mengenai kegiatan ini. Beliau sangat bangga karena di kondisi seperti ini mahasiswa Undiksha sangat membantu memecahkan permasalahan di Desa Sayan. Beliau juga mengutarakan jika judul program kerja yang kami laksanakan sangat menarik dan menantang, karena kondisi di pandemi ini Desa Sayan memang benar terpuruk. Beliau meminta kami semua agar selalu waspada dan tetap semangat menghadapi virus ini.

        Setelah Kepala Desa Sayan dan Dosem Pembimbing mengesahkan laporan akhir ini, saya pun kembali merangkum semuanya kemudian membuat PPT untuk pelaksanaan ujian nanti. Tidak lupa bagi saya untuk memberikan arsip laporan ini ke Kepala Desa Sayan berupa sub copy bukan berupa hasil print, hal ini dikarenakan Kepala Desa Sayan, Bapak I Made Andika tidak mau mengumpulkan berkas-berkas terlalu banyak kalau suatu saat nanti digunakan untuk membungkus makanan yang ditempatkan di tempat sampah. Beliau ingin bekerja dengan simpel dan bersih. Sehingga, kami semua mengirimkan melalui email serta mengupload laporan hasil KKNT ini di sistem SIAK Undiksha.


Tentang Penulis