Penyusunan RPP dan Diskusi serta Revisi bersama Guru Kelas
- Oleh Ni Putu Amanda Rahma Dewi
- Tuesday 20/07/2021
- Kelompok 35, Kelompok, Kelompok
Penulis melakukan perubahan
metode pelaksanaan program kerja akibat dari PPKM yang masih berlangsung. Pelaksanaan kegiatan
bimbingan belajar beralih ke daring. Penyusunan RPP yang dilakukan penulis
memperhatikan sistematika dari RPP daring yang digunakan guru selama kegiatan
daring pada semester sebelumnya. Di SD Negeri 3 Batubulan Kangin, kegiatan
daring berlangsung melalui grup whatsapp dengan anggotanya dominan orang tua
siswa sebab anak – anak masih belum diberikan ponsel sendiri. Namun terdapat
pula beberapa anak yang sudah tergabung dalam grup tersebut. Pembelajaran
daring tidak dilakukan dengan video conference. Jadi mempertimbangkan
kenyamanan peserta didik serta orang tua siswa, penulis memutuskan untuk tidak
memaksakan penggunaan video conference saat pelaksanaan kegiatan. Penulis
berusaha memberikan warna baru pada susasana belajar dengan memaksimalkan
penggunaan media pembelajaran yang menarik dan belum pernah digunakan
sebelumnya oleh guru di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dijadwalkan terlaksana
pada tanggal 21 Juli – 25 Juli. Kegiatan belajar akan dilakasanakan selama 3
hari dan hari terakhir akan diadakan games bersama siswa.
Dalam penyusunan RPP,
penulis tentu memperhatikan komponen – komponen yang terdapat dalam RPP.
Diantaranya sebagai berikut.
1. Identitas Sekolah
2.
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema
3.
Kelas/semester
4.
Materi pokok
5.
Alokasi waktu
6.
Kompetensi Dasa (KD)
7.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
8.
Tujuan
pembelajaran
9.
Materi
pembelajaran
10. Sumber, media, pendekatan, model, serta metode pembelajaran
11. Langkah – langkah pembelajaran
12. Penilaian hasil belajar
Kompetensi dasar penulis peroleh dari silabus yang
diberikan oleh guru kelas. Menyesuaikan materi pembelajaran dari buku tema
serta buku PR yang dimiliki oleh siswa, penulis menyusun materi pembelajaran
yang diberikan melalui media pembelajaran yang beragam. Adapun media
pembelajaran yang digunakan berupa komik pembelajaran, video pembelajaran,
powerpoint, voice note, serta gambar. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan
semangat siswa untuk belajar. Beragam variasi ini juga diimbangi dengan
pemberian LKPD yang memiliki luaran menarik sehingga siswa merasa lebih
bersemangat. Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan saintifik,
dipadukan dengan model pembelajaran discovery learning serta metode
pembelajaran berupa tanya jawab, diskusi, serta penugasan. Penulis berusaha
memaksimalkan proses belajar dengan tetap memperhatikan kenyamanan orang tua
serta siswa dalam belajar. Namun dengan tetap mengacu pada tujuan program kerja
yang telah ditentukan.