Perbaikan Program Kerja melalui Penyampaian Kesan dan Pesan Pelaksanaan Kegiatan
- Oleh Ni Luh Ayu Suandewi
- Monday 02/08/2021
- Kelompok 233, Kelompok, Kelompok
Pada
Sabtu, 31 Juli 2021 telah dilaksanakan pertemuan terakhir dengan siswa sasaran
melalui google meet. Pertemuan yang dihadiri oleh 6 dari 7 siswa sasaran ini merupakan pertemuan yang hanya membahas
mengenai penyampaian kesan dan pesan oleh siswa sasaran. Siswa diarahkan
menyampaikan kesan dan pesan mulai dari hal apa saja yang telah dipelajari,
perasaan mengikuti program ini, dan pesan yang ingin disampaikan untuk
perbaikan program ini. Penyampaian kesan dan pesan dilakukan secara bergantian dengan
sukarela tanpa ditunjuk terlebih dahulu oleh penulis.
Dalam
menyampaikan kesan dan pesan mayoritas siswa sasaran menyampaikan bahwa
diadakannya kegiatan diskusi esai ini sangat penting dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Tidak hanya itu, siswa merasa
senang dilakukan program ini, karena menjadi lebih tahu mengenai esai. Salah
satu siswa sasaran mengatakan bahwa “Saya merasa perspektif saya terhadap esai
berubah, awalnya saya kira esai adalah soal esai, ternyata esai adalah sebuah
karya tulis. Membuat esai tidak terlalu sulit, tapi nentuin ide bikin prustasi.
Harus lebih peka terhadap lingkungan. “ (Krisna, 2021). Tidak hanya mendapatkan
respon berupa unsur pujian, terdapat juga saran yang diberikan oleh siswa dalam
perbaikan pelaksanakan program ini. Hal itu diutarakan oleh salah satu siswa
sasaran bahwa, “Saya senang melakukan kegiatan ini kak, jadi ada kegiatan
liburan, tapi tolong deadline tugasnya jangan terlalu singkat. Kami jadi tidak
terlalu banyak dapat berpikir” (Desi, 2021). Pemberian deadline dalam pembuatan
esai hanya dilakukan selama 5 hari, hal itu terjadi karena sebelumnya siswa
harus merevisi draf esai yang sudah dibuat, sebelum ke tahap pembuatan esai
secara penuh. Ada keterlambatan 1 hari dalam pengumpulan revisi draf esai oleh
siswa sasaran, sehingga penulis mendapatkan singkat dalam memberikan feedback agar tidak terjadi keterlambatan
yang terlalu lama dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya.
Setelah terlaksana penyampaian kesan dan pesan
oleh siswa sasaran dilaksanakan penyampaian kesan dan pesan penulis kepada
siswa sasaran. Penulis mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf selama
terlaksananya kegiatan ini. Sebagai ucapan terimakasih penulis memberikan
kenang-kenangan yang akan dikirim penulis melalui perantara jasa pengiriman.