Perbaikan Program Kerja melalui Penyampaian Kesan dan Pesan Pelaksanaan Kegiatan

Pada Sabtu, 31 Juli 2021 telah dilaksanakan pertemuan terakhir dengan siswa sasaran melalui google meet. Pertemuan yang dihadiri oleh 6 dari 7 siswa sasaran ini merupakan pertemuan yang hanya membahas mengenai penyampaian kesan dan pesan oleh siswa sasaran. Siswa diarahkan menyampaikan kesan dan pesan mulai dari hal apa saja yang telah dipelajari, perasaan mengikuti program ini, dan pesan yang ingin disampaikan untuk perbaikan program ini. Penyampaian kesan dan pesan dilakukan secara bergantian dengan sukarela tanpa ditunjuk terlebih dahulu oleh penulis.

Dalam menyampaikan kesan dan pesan mayoritas siswa sasaran menyampaikan bahwa diadakannya kegiatan diskusi esai ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Tidak hanya itu, siswa merasa senang dilakukan program ini, karena menjadi lebih tahu mengenai esai. Salah satu siswa sasaran mengatakan bahwa “Saya merasa perspektif saya terhadap esai berubah, awalnya saya kira esai adalah soal esai, ternyata esai adalah sebuah karya tulis. Membuat esai tidak terlalu sulit, tapi nentuin ide bikin prustasi. Harus lebih peka terhadap lingkungan. “ (Krisna, 2021). Tidak hanya mendapatkan respon berupa unsur pujian, terdapat juga saran yang diberikan oleh siswa dalam perbaikan pelaksanakan program ini. Hal itu diutarakan oleh salah satu siswa sasaran bahwa, “Saya senang melakukan kegiatan ini kak, jadi ada kegiatan liburan, tapi tolong deadline tugasnya jangan terlalu singkat. Kami jadi tidak terlalu banyak dapat berpikir” (Desi, 2021). Pemberian deadline dalam pembuatan esai hanya dilakukan selama 5 hari, hal itu terjadi karena sebelumnya siswa harus merevisi draf esai yang sudah dibuat, sebelum ke tahap pembuatan esai secara penuh. Ada keterlambatan 1 hari dalam pengumpulan revisi draf esai oleh siswa sasaran, sehingga penulis mendapatkan singkat dalam memberikan feedback agar tidak terjadi keterlambatan yang terlalu lama dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

 Setelah terlaksana penyampaian kesan dan pesan oleh siswa sasaran dilaksanakan penyampaian kesan dan pesan penulis kepada siswa sasaran. Penulis mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf selama terlaksananya kegiatan ini. Sebagai ucapan terimakasih penulis memberikan kenang-kenangan yang akan dikirim penulis melalui perantara jasa pengiriman. 

Tentang Penulis