Perkenalan dan Penyampaian Tata Cara Penggunaan Aplikasi Duolingo
- Oleh Komang Laksmi Mas Nararya Riris
- Tuesday 27/07/2021
- Kelompok 221, Kelompok, Kelompok
Duolingo merupakan aplikasi yang menarik dan
menyenangkan karena merupakan aplikasi gamifikasi, artinya pengguna dapat
belajar bahasa Inggris layaknya seperti main game karena aplikasi ini memanfaatkan
metode audio visual dalam belajar. Dengan aplikasi gamifikasi, para pelajar dan
mahasiswa bisa belajar bahasa Inggris secara santai dan menyenangkan.
Berdasarkan hasil observasi Widyastuti & Kusumadewi (2018), Duolingo
membuat kegiatan belajar lebih kreatif, efektif, dan inovatif.
Berdasarkan dari permasalahan yang dialami
oleh mitra pada masa pandemi COVID-19 di Banjar Batanancak, Desa Mas, Kecamatan
Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, penggunaan aplikasi ini merupakan
solusi belajar bahasa Inggris secara mandiri yang inovatif dan menyenangkan
karena para pelajar dan mahasiswa tidak perlu menggantungkan pendampingan dan
pengayaan dari guru. Aplikasi ini dapat digunakan melalui smartphone yang
memberikan kesempatan pada pengguna untuk belajar bahasa dengan bebas dan
membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Penggunaan aplikasi Duolingo sebagai solusi
yang saya tawarkan kepada masyarakat sasaran di Banjar Batanancak, Desa Mas,
saya menetapkan beberapa target yaitu: (1) permasalahan masyarakat sasaran
terkait kesulitan belajar bahasa Inggris dengan keterbatasan yang telah
dipaparkan dapat teratasi, (2) masyarakat sasaran mengetahui cara belajar
bahasa Inggris yang menyenangkan, dan (3) Masyarakat sasaran mampu memanfaatkan
aplikasi Duolingo sebagai media penunjang pembelajaran bahasa Inggris.
Pada
hari keenam yaitu 12 Juli 2021, saya membuat materi penggunaan aplikasi
Duolingo berupa video tutorial. Penyampaian tata cara penggunaan aplikasi
dengan video dirasa lebih mudah diikuti oleh peserta sehingga saya memilih cara
ini untuk mempermudah masyarakat sasaran. Pembuatan materi ini dilakukan selama
dua hari secara bertahap yang mana pembuatan video dilanjutkan pada hari
ketujuh yaitu 14 Juli 2021. Adapun video tutorial dapat diakses pada https://youtu.be/uwlq5pKmOOo.
Pada hari ketujuh yaitu 14 Juli adalah
melanjutkan pembuatan video tutorial tahap 2 seperti yang sudah dijelaskan
sebelumnya yaitu pengeditan. Selain
kegiatan yang tertera pada program kerja saya terkait “Pendampingan Penggunaan
Aplikasi Gamifikasi Duolingo sebagai Media Penunjang Pembelajaran Bahasa
Inggris di Banjar Batanancak, Mas, Ubud”, sekretaris desa meminta bantuan dalam
penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk 12 banjar di Desa Mas. Dua rekan
saya bertugas dibagian penyampaian dan pengecekan protocol Kesehatan seperti
mencuci tangan, cek suhu, dan penggunaan hand sanitizer. Sedangkan saya
membantu dalam administrasi yaitu mengecek kelengkapan surat seperti surat
pengantar, kartu keluarga, dan KTP baru kemudian dana dapat diberikan oleh
petugas.
Link
terkait:
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
https://youtu.be/uwlq5pKmOOo