Perkenalan Data Diri dan Kalender Kegiatan Proker KKNbD

Waktu pelaksanaan: 07 Juli 2021

Jumlah masyarakat sasaran: 7 orang. Kehadiran: 5 orang.


        Pelaksanaan KKNbD tahun 2021 dilaksanakan secara daring. Masyarakat sasaran yang merupakan 7 siswa SMA diarahkan oleh penulis untuk melakukan pertemuan pertama menggunakan google meet. Sebelumnya, telah dilakukan koordinasi untuk pertemuan tersebut h-2 dan diingatkan kembali pada h-1 pertemuan. Pada pertemuan pertama, masyarakat dilakukan perkenalan antara peserta KKNbD dengan masyarakat sasaran. Pada saat perkenalan siswa diberikan kesempatan untuk mempernalkan diri secukupnya. Tidak hanya itu, penulis juga melakukan perkenalan kalender kerja kepada masyarakat sasaran.     

    Tujuan pelaksanaan pengenalan data diri dan kalender kerja di hari pertama menggubanakan google meet agar siswa bisa lebih saling mengenal dan bisa melihat wajah masing-masing, dibandingkan hanya menggunakan grup whatsApp siswa tidak bisa mengetahui wajah masing-masing. Pengenalan kalender kerja diawal sangat penting agar siswa mengetahui apa saja yang akan dilakukan selama  pertemuan ke depan. Pertemuan ini hanya dihadirkan oleh 5 siswa dari 7 siswa yang ditargetkan sebagai masyarakat sasaran. 2 siswa yang tidak hadir karena ada acara keluarga.

     Dalam melakukan pertemuan pertama siswa yang tidak memiliki kendala jaringan diwajibkan untun menghidupkan kamera agar ada interaksi dua arah dan seperti pertemuan secara langsung. Penulis mengusahakan agar pertemuan tetap dilakukan dengan tenang dan tidak terlalu tegang untuk memberikan kenyamanan dan penulis juga bisa lebih akrab dengan siswa. Pertemuan tetap diawali dan diakhiri dengan doa untuk kelancaran acara. Setelah melakukan pertemuan ada sesi foto bersama sebagai bukti. Setelah melakukan pertemuaan dilakukan presensi. Tidak ada kendala dalam pelaksanaan hanya saja respon siswa di grup masih pasif, bahkan ketika pertemuan di google meet siswa juga masih pasif sehingga diperlukan menyelipkan topik pembicaraan yang lain agar siswa nyaman dan lebih semangat dalam melakukan pertemuan.



Tentang Penulis