Persiapan Menuju KKN Berbasis Daring
- Oleh Luh Lindayani
- Monday 19/07/2021
- Kelompok 114, Kelompok, Kelompok
“Life
is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving”
Albert
Einstein
KKNbD atau Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring tahun 2021, diwarnai dengan
begitu banyak hal berkaitan dengan adanya pandemi. Mulai dari PPKM dadakan yang
tiba-tiba saja diumumkan oleh pemerintah hingga lonjakan kasus yang kian
mengkhawatirkan. Walaupun demikian kita tidak boleh berhenti begitu saja, diam
di rumah tanpa melakukan apapun. Dengan pembatasan (mengurangi aktivitas di
luar rumah) demi menjaga keselamatan bersama, waktu untuk meningkatkan
kemampuan diri dan mengatur kembali tujuan-tujuan untuk cita-cita di masa depan
menjadi lebih banyak.
Menuju KKNbD yang akan dilaksanakan, selama 3 hari dari tanggal 5-7 Juli 2021,
saya menyiapakan materi hingga membuat rancangan kelompok kecil dalam kegiatan
pengenalan budaya dan bahasa Jepang nantinya. Materi-materi yang akan diberikan
akan berbentuk PPT dan video. Untuk PPT akan di-uploud di Google Drive,
sedangkan video akan di-uploud di YouTube. Materi yang telah
saya siapkan adalah sebagai berikut,
A. Hiragana dan Katakana
Hiragana dan katakana merupakan karakter dasar yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari orang Jepang. Sebelum mempelajari tentang bagaimana cara membaca
kanji, bagi pemula mempelajari hiragana dan katakana adalah hal yang paling
dasar yang harus dipelajari. Dengan bisa membaca hiragana dan katakana, kanji
pun secara perlahan dapat dipelajari, karena nantinya pasti pada kanji yang
dipelajari akan ada yang namanya furigana. Furigana merupakan
cara baca kanji yang ditulis di atas kanji dengan huruf hiragana. Fungsi dari
katakana sendiri adalah untuk menuliskan kata-kata serapan atau asing, nama
kita sendiri pun dapat ditulis dengan menggunakan katakana. Bagi orang asing
yang akan bekerja atau menempuh pendidikan, katakana sangat diperlukan sama
halnya dengan hiragana, demi untuk mengisi kepentingan administrasi.
Materi yang diberikan
adalah dalam bentuk PPT dengan menyertakan gif cara penulisan hiragana dan
katakana. Selain itu, disertakan juga contoh kata dalam bahasa
Jepang, romaji (cara baca dengan menggunakan alfabet), dan bahasa Indonesia.
Mengikuti rencana awal, pengenalan hiragana dan katakanan akan dilakukan selama
8 kali pertemuan. Ini tergantung dengan kemampuan peserta serta waktu yang ada.
B. Nihonjin no Rashi Nihongo (Bahasa
Jepang yang
Orang Jepang Banget)
Materi
yang akan diberikan untuk memperkenalkan bahasa Jepang yang biasa digunakan
oleh orang Jepang. Materinya akan disampaikan dengan media PPT dan video. Saya
bagi menjadi 4 bagian, yaitu
1) Cara memperkenalkan diri (Jikosyoukai)
Langkah
awal untuk memulai sebuah percakapan tentunya dengan cara memperkenalkan diri
kita terlebih dahulu. Di Jepang sendiri, tata cara memperkenalkan diri
ditentukan oleh situasi, kondisi, dan siapa yang kita hadapi. Akan ada
perbedaan penyampaian informasi mengenai diri kita dan ungkapan-ungkapan yang
akan digunakan pun berbeda.
2) Aisatsu
Aisatsu berarti
salam. Sama halnya di Indonesia, di Jepang juga ada salam. Namun, aisatsu di
Jepang ada yang tidak bisa begitu saja diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia
karena memiliki makna yang kompleks.
Materi telah saya buat dalam bentuk PPT. Yang
akan saya jelaskan dalam materi adalah cara penggunaannya (disesuaikan dengan
waktu, situasi, dan siapa yang kita hadapi) serta tata krama gerak tubuh saat
mengucapkan aisatsu di atas.
3) Cara Berterima Kasih
“Rasa
terimakasi” yang dalam bahasa Jepang disebut dengan orei dan kansha,
merupakan budaya Jepang yang wajib diketahui. Orang Jepang akan sangat terkesan
kepada seseorang yang dapat selalu mengenang kebaikan orang lain dengan
mengucapkan rasa terima kasih. Menguapkannya pun tidak boleh sebarangan, ada
aturan yang harus diikuti. Penggunaan pola kalimat untuk mengungkapkan rasa
terima kasih ditentukan
oleh situasi, waktu, dan siapa yang tengah kita ajak berbicara.
Ketika mengungkapkan rasa terima kasih kita harus menyertakan alasan. Alasan
disini akan semakin menguatkan, dengan alasan berterima kasih lawan bicara akan
mengerti seberapa terkesan dan seriusnya kita terhadap bantuan atau hadiah yang
lawan bicara berikan.
4) Cara Meminta Maaf
Sama halnya dengan berterima kasih. Meminta maaf juga adalah hal yang penting
kalau semisalnya kita melakukan suatu kesalahan pada orang lain. Namun bedanya,
ketika meminta maaf kita tidak boleh mengertakan alasan bila tidak
diminta. Hal ini karena kita akan dianggap tidak tulus dan hanya mencari-cari
alasan untuk tidak terlihat bersalah.
Keempat materi yang telah disampaikan di atas akan diberikan kepada peserta KKN
pada saat waktu-waktu senggang, ketika mereka ingin istirahat sejenak belajar
hiragana dan katakana, atau ketika materi tersebut telah selesai dan waktu
masih tersisa.
C. Jepang dan Budayanya
Bahasa selalu berkaitan dengan erat dengan budaya dari negara tersebut.
Mempelajari bahasa Jepang, pasti akan semakin menarik bila diiringi dengan
belajar budaya dari Jepang. Materi pengenalan “Jepang dan Budayanya” berbentuk
PPT dan video. Di awal akan dimulai dengan menjelaskan kondisi geografis
Jepang, setelahnya akan dilanjutkan dengan materi inti, yaitu
1) Kaleder Jepang : Kegiatan-kegiatan yang dilakukan pada tiap musim di Jepang
2) Sampah : Aturan membuang sampah dan cara membuang sampah di Jepang
3) Transportasi umum : Etika ketika menaiki trasportasi umum di Jepang
Di sini saya hanya akan mengambil ketiga tema materi di atas. Hal ini
dikarenakan pada tema materi “Kalender Jepang” sudah sangat banyak dan pastinya
akan mengambil banyak waktu. Dalam menjelaskannya akan ada banyak festival dan
budaya Jepang yang perlu dijelaskan. Mulai dari bagaimana masyarakat Jepang
memaknai, melakukan, dan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk merayakan perayaan
atau peringatan-peringatan di Jepang.
Sebenernya waktu 3 hari saja tidak akan cukup untuk menyiapkan materi di atas.
Maka dari itu saya memulainya dari sebelum KKNbD di lakukan. Namun tentunya
materi yang telah ada masihlah belum sempurna, maka dari itu saya menyiapkan
kumpulan materi yang lebih lengkap, dan akan saya berikan ketika menemukan
materi yang masih kurang penjelasannya.
Saya harap dengan usaha ini, saya dapat mebagi sebanyak-banyaknya apa
yang telah saya pelajari, dan memotivasi banyak orang untuk melanjutkan mimpi
dan cita-citanya ke Jepang. Setidaknya dengan mengenal dasarnya, mereka dapat
dengan mudah membangun pengetahuannya tentang Jepang. Dan semoga saja dengan
itu, ini bisa menjadi sebuah baut untuk memperkuat “sepeda” mereka, sehingga
perjalanan mereka dapat lebih lancar.
Link Google Drive untuk materi :
https://drive.google.com/folderview?id=1IlluQnXhBZDQnxZTHskqf60x7cFd7BBA
Link Video YouTube :
Tari Zenbong Zakura:
Perkenalan diri :