Pertemuan Mingu Ke-III & IV Pelatihan/bimbingan terhadap Masyarakat Sasaran di Desa Kuala Dekah

Senin 19- Jum`at 30 Juli 2021 pukul 19:00 WIB saya, Meramis Sembiring selaku mahasiswi  dari fakultas Teknik dan Kejuruan, jurusan Teknik Informatika, PRODI Pendidikan Teknik Informatika melaksanakan program KKNbD di Desa Kuala Dekah, Kecamatan Biru-biru mengangkat tema pendidikan dengan judul proposal”MELATIH PENGETAHUAN ANAK SD TINGKAT 1-3 DALAM MENGENAL HURUF, ANGKA DAN WARNA DI DESA KUALA DEKAH DIMASA PANDEMI COVID-19”.

Pertemuan di minggu III & IV ini masih sama seperti pertemuan sebelumnya dimana masyarakat sasaran masih semangat dalam mengikuti pelatihan/bimbingan yang dilakukan selama 5 kali dalam seminggu.

Pada pertemuan minggu ke-III saya membntu mereka untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh ibu dan bapak guru di sekolah masyarakat sasaran. Masyarakat sasaran sudah memasuki ajaran baru dan masih belajar dari rumah, untuk itu masyarakat sasaran seminggu sekali harus mengambil dan mengantarkan tugas ke sekolah dengan tetap mematuhi protoko kesehatan. Untuk itu masyarakat sasaran sangat semangat untuk mengerjakan PR bersama dengan teman-teman yang lain.

Pada pertemuan minggu ke- IV saya membagi menjadi 2 kelompok yaitu untuk kelompok pertama saya membuat kelompok yang sudah mahir/ sudah tahu jenis-jenis warna. Dan utuk kelompok yang ke dua saya membuat kelompok yang belum mahir/ belum tau jenis-jenis warna. Setelah itu saya mengarahkan peserta didik/masyarakat sasaran untuk mewarnai gambar, disini saya memberikan arahan kepada peserta didik untuk mewarnai gambar sesuai keinginan mereka. Sambil mewarnai saya menanyakan kepada peserta didik/masyarakat sasaran warna apakah yang sudah mereka pakai untuk mewarnai gambar tersebut. Pada waktu penilaian gambar yang sudah mereka warnai saya mengarahkan mereka untuk maju satu persatu dan membawa gambar yang sudah mereka warnai dan menyanyikan lagu "balonku ada 5" sebagai hiburan dan untuk melatih mereka untuk mengetahui jenis-jenis warna.

Masyarakat sasaran angat senang dengan hal itu. Kegiatan pelatihan/bimbingan ini berakhir pada pukul 22:00WIB