Praktik Cara Pembuatan Disinfektan Dan Cara Penggunan Yang Tepat

    Pada hari Jum'at tanggal 30 Juli 2021 dalam minggu keempat kegiatan program kerja KKN secara online dan mandiri, penulis melaksanakan kegiatan yaitu melakukan praktik mengenai cara pembuatan disinfektan dan cara penggunaan yang tepat, sebelumnya penulis sudah memberitahukan kepada masyarakat sasaran mengenai jadwal yang akan dilakukan pada hari ini pada pukul 08.00 WIB. Praktik dilakukan pada pukul 13.00 - selesai ditempat bapak hartono ketua RT dusun Gembyang, tapi dikarenakan bapak hartono ada halangan beliau diwakilkan oleh bapak tarmuin.

    Kegiatan praktik mengenai cara pembuatan disinfektan dengan bahan sederhana dan cara pengunaan yang tepat ini memerlukan bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan disinfektan, yaitu :

1. Ethanol 96%

2. Natrium Hipoklorit

3. Dettol

4. Botol Semprot

5. Gayung dan Ember

    Praktik mengenai cara pembuatan disinfektan dengan bahan sederhana dan cara pengunaan yang tepat dilakukan sesuai prosedur-prosedur yang telah dibagikan oleh penulis melalui grub Whatsapp, dengan bahan-bahan sederhana tersebut tentunya sangat mudah untuk membuat cairan disinfektan seperti bayclin yang mengandung Natrium Hopiklorit yang dapat membunuh virus dengan jalan masuk menembus dinding virus dan akan merusak bagian dalam virus, Dettol dapat membunuh bakteri dan Ethanol (alkohol 96%) dapat melarutkan bagian lipid atau lemak dari dinding virus sehingga virus akan rusak. Bahan-bahan ini sangat mudah untuk didapatkan sehingga masyarakat sasaran sangat senang dan dapat membuat cairan disinfektan dengan mudah. Setelah cairan disinfektan selesai dibuat disinfektan dapat digunakan sesuai dengan prosedur-prosedur langkah penggunaan yang telah dibagikan digrub Whatsapp. Dalam pelaksanaan praktik ini masyarakat sasaran sangat antusias dan tanggap dalam melakukan praktik pembuatan disinfektan. Penulis juga menjelaskan bahwa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, terutama diri sendiri dan keluarga agar terhindar dari virus covid-19 dan tidak lupa penulis menyampaikan agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan mematuhi aturan-aturan dimasa pandemi ini agar wabah virus covid-19 cepat menghilang dari negara Indonesia. Setelah praktik berakhir penulis meminta izin mengambil foto dokumentasi untuk membuat blog dan sebagai bukti bahwa telah melaksanakan kegiatan tersebut. Setelah semua praktik selesai penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat sasaran terutama bapak ketua RT/RW dusun Gembyang yang telah memberikan izin prnulis untuk melaksanakan progam kerja KKNbD selama 1 bulan di dusun Gembyang.