Pre-test Dalam Bentuk Permainan Kuis Interaktif Untuk KKNbD Desa Kepundungan

            Pre-test merupakan sebuah test yang diberikan kepada peserta dalam sebuah kegiatan sebelum penyampaian materi. Test ini digunakan untuk mengukur kemampuan awal peserta. Sejalan dengan pengertian tersebut dalam KKNbD Desa Kepundungan sebelum diberikan materi tentang PHBS, masyarakat sasaran yang merupakan pemuda desa diberikan kesempatan untuk mengikuti test menggunakan permainan kuis interaktif Quizizz. Pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan mengenai materi yang akan disampaikan seperti mengenai pengertian, tujuan, manfaat, bahaya dan tatanan PHBS. 

            Jumat, 9 Juli 2021 pertanyaan pre-test  disusun kemudian dituliskan pada website permainan kuis interaktif Quizizz. Penulisan pertanyaan pre-test dalam Quizizz tersebut meliputi soal yang akan diberikan dan 4 jawaban dalam bentuk pilihan ganda dengan satu jawaban benar. Kemudian setelah pertanyaan dan jawaban sudah dituliskan, dilakukan pengaturan waktu pengerjaan setiap test. Yang mana dalam pre-test ini waktu yang diberikan per masing-masing pertanyaan yaitu 3 menit. Total pertanyaan yang diberikan yaitu 10 pertanyaan.

            Quizizz ini dirasa sangat menarik untuk dijadikan sebagai media pre-test karena penggunaannya yang mudah dan sangat interaktif. Untuk memulai pre-test menggunakan Quizizz ini, masyarakat sasaran KKNbD Desa Kepundungan terlebih dahulu harus login menggunakan alamat email masing-masing agar memiliki akun. Quizizz ini tidak perlu diunduh dalam bentuk aplikasi sehingga tidak memberatkan masyarakat sasaran. Tepat pada hari Minggu, 11 Juli 2021 masyarakat sasaran diberikan waktu mengikuti pre-test dalam bentuk permainan kuis interaktif bersamaan dengan sebelum dilaksanakan sosialisasi mengenai materi yang ingin disampaikan. Masyarakat sasaran sangat tertarik dan menjawab pertanyaan dalam kuis tersebut sesuai dengan pemahaman mereka. Setelah semua masyarakat sasaran selesai menjawab pertanyaannya, peringkat klasemenpun muncul dari yang memiliki nilai tertinggi hingga ke rendah. Nilai tertinggi tersebut didapatkan berdasarkan keakuratan dan kecepatan dalam menjawab pertanyaan dalam kuis.

Tentang Penulis