Proses Pelaksanaan Jumputan, Pengecekan Progres serta Hasil Jumputan


               Pada tanggal 21 sampai 23 Juli 2021 pelaksana sudah memberikan waktu kepada masyarakat sasaran dalam pelaksanaan jumputan. Pelaksana menggunakan diskusi melalui WA seperti yang telah di minta oleh masyarakat sasaran. Sesuai dengan saran pada saat bimbingan pada tanggal 17 Juli sebelumnya, pelaksana di sarankan agar tidak memberatkan masyarakat sasaran dalam pelaksanaan, oleh karena itu pelaksana membebaskan masyarakat sasaran dalam menggunakan obyek baik berupa baju maupun kain dalam proses jumputan ini. Dalam hal ini progres dan kemajuan dalam pembuatan produk di kirimkan melalui WA Grup.

               Pelaksana memberikan waktu selama 3 hari dalam proses pembuatan dan diskusi bebas di grup, agar memudahkan masyarakat sasaran dalam melaporkan kemajuan dan kendala yang di hadapi pada saat pembuatan Jumputan. Pelaksana mengecek hasil ikatan masyarakat sasaran dengan cara masyarakat mengirimkan video maupun foto pembuatan jumputan.

               Pelaksana memberikan sedikit tips pada saat membuat Jumputan adalah sebelum di berikan pewarnaan sebaiknya di cek pada ikatan agar kencang dan mengurangi penyerapan pewarnaan bahan pada bagian tersebut sehingga terbentuk motif dan model yang di inginkan. Pada proses pembuatan ada masyarakat sasaran yang gagal dalam membuat jumputan namun banyak juga yang berhasil serta menghasilkan jumputan dengan paduan warna yang cantik dan menarik


Link Bukti Video     :

Kiriman Video Masyarakat sasaran

Contoh Jumputan 2




Tentang Penulis