Quizizz dan IDLF, Kombinasi Model Pembelajaran Gamefikasi untuk Membangun Partisipasi Aktif, Motivasi dan Pengalaman Belajar Siswa di masa Pandemi
- Oleh Rohmat Romadhan
- Monday 03/08/2020
- Kelompok 79, Kelompok, Kelompok
Covid-19 berimplikasi terhadap sektor pendidikan hasilnya, pembelajaran yang
biasanya dilakukan di sekolah dan bertatap muka secara langsung terpaksa harus
dilaksanakan secara berbeda. Untuk menekan penyebaran covid-19 serta agar
proses pembelajaran tetap berlangsung dan dapat mencapai tujuan pembelajaran,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah
pernyataan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring dengan memnafaatkan
teknologi informasi dan komunikasi. Untuk membantu memahami materi pembelajaran
tersebut dibutuhkan sebuah perangkat pembelajaran yang disebut sebagai media
pembelajaran. Gamification merupakan sebuah model pembelajaran yang
menerapkan elemen-elemen permainan ke dalam situasi non permainan atau
pembelajaran model ini seringkali digunakan untuk memberikan motivasi atau
mempengaruhi perilaku manusia. Dalam proses pembelajaran
gamification mengubah aktivitas atau
tugas menjadi mirip dengan game. Untuk
mengembangkan model pembelajaran penulis menggunakan desain pembelajaran Integrative
Learning Design Framework.
Mengimplementasikan Quizizz di kelas tidak serta merta bisa dilakukan begitu saja, Berikut penjelasan Model Integrative Learning Design Framework: (1) Eksplorasi Dalam. tahap eksplorasi, pengembang pembelajaran mendokumentasikan, mengumpulkan informasi terkait dengan latar pembelajaran. (2) Realisasi, Realisasi merupakan tahapan pemetaan informasi yang telah diperoleh melalui eksplorasi. Termasuk dalam hal ini informasi tentang proses belajar, materi berikut konteksnya, model pedagogic, serta menentukan strategi pembelajaran online. (3) Evaluasi, Mirip dengan komponen evaluasi pada suatu desain pembelajaran, maka tahap evaluasi adalah tahap untuk menentukan apakah maksud, tujuan pembelajaran, hasil yang diperoleh serta revisi yang harus dilaksanakan berdasarkan masukan yang diterima