Quizizz dan IDLF, Kombinasi Model Pembelajaran Gamefikasi untuk Membangun Partisipasi Aktif, Motivasi dan Pengalaman Belajar Siswa di masa Pandemi


Covid-19 berimplikasi terhadap sektor pendidikan hasilnya, pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah dan bertatap muka secara langsung terpaksa harus dilaksanakan secara berbeda. Untuk menekan penyebaran covid-19 serta agar proses pembelajaran tetap berlangsung dan dapat mencapai tujuan pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa pembelajaran dilakukan secara daring dengan memnafaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk membantu memahami materi pembelajaran tersebut dibutuhkan sebuah perangkat pembelajaran yang disebut sebagai media pembelajaran. Gamification merupakan sebuah model pembelajaran yang menerapkan elemen-elemen permainan ke dalam situasi non permainan atau pembelajaran model ini seringkali digunakan untuk memberikan motivasi atau mempengaruhi perilaku manusia. Dalam proses pembelajaran gamification mengubah aktivitas atau tugas menjadi mirip dengan game. Untuk mengembangkan model pembelajaran penulis menggunakan desain pembelajaran Integrative Learning Design Framework.

Mengimplementasikan Quizizz di kelas tidak serta merta bisa dilakukan begitu saja, Berikut penjelasan Model Integrative Learning Design Framework: (1) Eksplorasi Dalam. tahap eksplorasi, pengembang pembelajaran mendokumentasikan, mengumpulkan informasi terkait dengan latar pembelajaran. (2) Realisasi, Realisasi merupakan tahapan pemetaan informasi yang telah diperoleh melalui eksplorasi. Termasuk dalam hal ini informasi tentang proses belajar, materi berikut konteksnya, model pedagogic, serta menentukan strategi pembelajaran online. (3) Evaluasi, Mirip dengan komponen evaluasi pada suatu desain pembelajaran, maka tahap evaluasi adalah tahap untuk menentukan apakah maksud, tujuan pembelajaran, hasil yang diperoleh serta revisi yang harus dilaksanakan berdasarkan masukan yang diterima