Rangkaian Kegiatan Evaluasi Program Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19
- Oleh Ni Putu Diah Mahendri Dewi
- Friday 31/07/2020
- Kelompok 120, Kelompok, Kelompok
Setelah melaksanakan program selama lebih dari 3 minggu, pada minggu ke-4 mahasiswa melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program yang berjudul, “Pelatihan Meningkatkan Peran Serta Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar pada Masa Covid-19”. Dalam melakukan evaluasi program, mahasiswa menggunakan kuesioner atau angket untuk mengetahui pendapat dan pengaruh program ini terhadap peran orang tua dalam membimbing anak belajar pada masa Covid-19. Kuesioner dibuat menggunakan Google Form yang kemudian dikirim ke Group WhatsApp masyarakat sasaran. Adapun tahapan pelaksanaan evaluasi, diantaranya yaitu:
- Menyusun pernyataan-pernyataan yang akan digunakan dalam kuesioner
- Pada 24 Juli 2020, melakukan bimbingan bersama dosen pembimbing terkait pernyataan-pernyataan yang akan tertera pada kuesioner dan skala yang akan digunakan dalam proses pengumpulan data.
- Finalisasi dan uji coba pengisian kuesioner sebelum disebarkan kepada masyaraat sasaran
- Membuat video tutorial cara mengisi kuesioner, ini bertujuan membantu masyarakat sasaran yang sebelumnya belum pernah mengisi kuesioner secara online.
- Pada 28 Juli 2020, mahasiswa menyebarkan alamat tautan untuk mengakses kuesioner di Group WhatsApp masyarakat sasaran dan disertai video tutorial yang sebelumnya telah dibuat mahasiswa. Batas pengisian kuesioner hingga tanggal 29 Juli 2020 pukul 20.00 WITA.
- Pengolahan data yang diperoleh melalui hasil kuesioner.
Kuesioner
yang dibagikan mahasiswa terbagi menjadi tiga bagian secara garis besar,
diantaranya yaitu :
- Biodata
masyarakat sasaran, yang terdiri dari nama lengkap masyarakat, nama anak
masyarakat sasaran yang berusia SD dan kelasnya
- Delapan poin pernyataan-pernyataan yang digunakan untuk mengetahui pendapat dan pengaruh program terhadap masyarakat sasaran. Adapun delapan poin pernyataan tersebut yaitu:
- Setelah mengetahui gaya belajar anak, membantu orang tua dalam membimbing anak belajar lebih maksimal
- Setelah memahami peran orang tua dalam proses belajar anak, meningkatkan semangat orang tua untuk membimbing anak dalam belajar
- Ulasan bimbel online ruang guru dan zenius menambah alternatif pembelajaran untuk anak
- Ulasan bimbel online zenius dan ruang guru membuat orang tua ingin menggunakan kedua atau salah satu aplikasi untuk kegiatan belajar anak
- Pelatihan menggunakan aplikasi zenius membantu orang tua dan anak mengaplikasikan aplikasi zenius untuk dijadikan alternatif pembelajaran
- Program pelatihan yang telah dilaksanakan memberikan dampak positif bagi orang tua dalam membimbing anak belajar
- Informasi yang didapat selama pelatihan akan tetap dipelajari serta diaplikasikan dalam membimbing anak belajar
- Program KKN yang telah terlaksana perlu
penambahan informasi untuk membantu orang tua dalam membimbing anak belajar.
- Kritik dan saran oleh masyarakat sasaran untuk mahasiswa dan program yang telah dilaksanakan.
Hingga
tanggal 29 Juli 2020, mahasiswa secara berkala memantau pengisian kuesioner
oleh masyarakat sasaran untuk mengantisipasi bila terjadi kesulitan ataupun
masalah yang dialami masyarakat dalam pengisian kuesioner. Seperti salah
satunya, Ibu TuLina yang mengalami kendala saat mengakses alamat tautan yang dikirim
mahasiswa, sehingga mahasiswa mengirimkan ulang alamat tautan dalam versi
lengkapnya dan kendala tersebut dapat teratasi.