Sharing dan Diskusi Bersama Masyarakat Sasaran KMbD Tentang Cara Mengembangkan Bauran Pemasaran Terintegrasi
- Oleh Made Chrisna Apriyani Sujana
- Sunday 12/07/2020
- Kelompok 253, Kelompok, Kelompok
Memanfaatkan Marketing Mix
Untuk Mengembangkan Bauran Pemasaran Terintegrasi
Pada kegiatan sebelumnya saya telah membahas dan mendiskusikan tentang definisi bisnis serta manfaatnya kemudian pentingnya study kelayakan bisnis serta analisis SWOT pada bisnis dan strategi serta bauran pemasaran. Membahas tentang dasar – dasar manajemen pemasaran dan bisnis belum lengkap rasanya jika tidak membahas tentang Marketing Mix atau bauran pemasaran, jadi untuk menutup program kerja di minggu pertama hari ini Minggu, 12 Juli 2020 saya telah mengirimkan materi tentang bagaimana cara mengembangkan bauran pemasaran terintegrasi dengan memanfaatkan Marketing Mix melalui konsep (4P).
Kegiatan hari ini berlansung pada malam hari karena masyarakat sasaran memiliki beberapa kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan jadi saya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi mereka. Kegiatan saya awali dengan sharing materi pembelajaran melalui link Youtube seperti biasanya, dan saya juga mengirimkan video di Grup WA sebagai opsi kedua karena ada masyarakat sasaran yang terkendala kuota internet jika harus streaming di Youtube. Setelah menyimak materi dan tidak ada yang ditanyakan saya berinisiatif untuk bertanya kepada masyarakat sasaran tentang tujuan dan fungsi dari bauran pemasaran (4P) untuk meninjau seberapa baik masyarakat sasaran dapat menyimak dan memahami materi diskusi hari ini. Masyarakat sasaran memberikan respon positif karena menanggapi pertanyaan dengan benar serta tanggapan mereka berbeda satu sama lain. Untuk menutup kegiatan hari ini saya manyimpulkan bahwa bauran pemasaran 4P sangat berhubungan erat dengan Strategi pemasaran yang sebelumnya telah saya paparkan kemarin, hubungan keduanya yaitu bagaimana membuat sebuah produk yang tepat, dengan harga yang tepat, berada di tempat yang tepat dengan waktu yang tepat serta menggunakan metode komunikasi yang tepat sehingga mampu menjangkau segmen target konsumen yang tepat pula. Bauran pemasaran atau Marketing Mix adalah salah satu marketing tools terbaik yang pernah ada dan masih relevan hingga saat ini, sehingga masih sering digunakan para pebisnis dan pemasar untuk membuat strategi pemasaran.