Sharing dan Diskusi Bersama Masyarakat Sasaran KMbD Tentang Perbedaan Marketing dan Branding Serta Strategi Digital Branding Dalam Membangun Bisnis Online
- Oleh Made Chrisna Apriyani Sujana
- Thursday 16/07/2020
- Kelompok 253, Kelompok, Kelompok
Perbedaan Digital Branding & Digital Marketing
Serta Strategi Digital Branding dalam Bisnis Online
Kegiatan hari ini adalah kegiatan lanjutan pada hari sebelumnya dan masih membahas tentang Digital Branding. Kegiatan hari ini berfokus pada perbedaan antara branding dan marketing, bagi sebagian besar orang mungkin berfikir keduanya sama akan tetapi jika dipelajari lebih dalam antara branding dan marketing itu berbeda. Dengan melalukan diskusi melalui Grup WA, masyarakat sasaran banyak bertanya tentang materi diskusi hari ini karena cukup membingungkan. Jadi perbedaan antara Digital Branding dan Digital Marketing adalah :
Branding | Digital Branding | Digital Marketing |
Usaha untuk menciptakan sebuah brand. | Usaha menciptakan imej sebuah brand melalui media digital. | Usaha memasarkan produk menggunakan media digital. |
Fokus pada pengembangan jangka panjang tujuan bisnis, konsistensi, ikatan emosional dengan pelanggan. | Fokus pada menciptakan ikatan dengan audiens lewat platform digital. | Fokus pada peningkatan angka penjualan. |
Contoh : Jargon sebuah produk. | Contoh : Membuat website. | Contoh : Mempromosikan produk. |
Hari ini, Kamis 16 Juli 2020 adalah hari terakhir saya melaksanakan program kerja yang ke-2 dan besok akan dilanjutkan dengan program kerja yang ke-3. Masyarakat sasaran masih bingung dalam memilih antara branding dan marketing yang mana lebih penting seperti yang tertera pada gambar yang telah saya lampirkan. Sebenarnya antara brand dan marketing adalah dua hal yang saling berkaitan akan tetapi mana yang lebih penting dapat diilustrasikan dengan contoh berikut ini, misalnya anda sedang di sebuah pusat perbelanjaan ada diskon besar-besaran, apakah semua barang yang didiskon akan dibeli konsumen? Tentu tidak. Konsumen akan memilahnya berdasarkan brand contohnya Zara & H&M. Karena mereka percaya kalau brand tersebut menurutnya bagus dan memiliki kualitas selain itu memang konsumen sudah percaya dengan brand tersebut. Karena sebuah merek atau brand akan memastikan loyalitas pelanggan sementara pemasaran akan mendorong pelanggan untuk membeli produk atau jasa. Selain itu dalam Digital Branding terdapat 4 strategi yang dapat diterapkan untuk bisnis online yang sudah tertera dalam video dibawah ini.