Sosialisasi Bahayanya Zat Adiktif yang Sering Dijumpai di Masyarakat Umum

    Bahan/Zat adiktif adalah bahan/zat yang berpengaruh psikoaktif di luar Narkotika dan Psikotropika dan dapat menyebabkan kecanduan yang mana juga dapat mempengaruhi kinerja otak. Zat adiktif sering atau bahkan mudah dan banyak ditemukan di masyarakat membuat penyalahgunaannya juga sering terjadi. Penyalahguna zat adiktif ini mengakibatkan kepada kerusakan organ-organ tubuh bagi penggunanya seperti otak, hati, jantung, paru-paru, dan lain-lain. Selain itu, penyalahgunaan ini tidak hanya menyerang fisik saja, namun mental, emosional, dan spiritual, bahkan virus pun akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh mereka. Penyalahgunaan dalam jangka panjang bahkan dapat menyebabkan kerusakan otak hingga kematian.

    Walaupun demikian, sesungguhnya tidak ada ketentuan khusus yang mengatur penyalahgunaan zat adiktif, sehingga hal ini seolah menjadi hal yang biasa dan lumrah di kalangan masyarakat. Padahal jika dipikirkan lebih jauh, penyalahgunaan zat adiktif ini juga memiliki dampak yang cukup besar terhadap fisik maupun mental seseorang terlebih lagi jika pelakunya adalah anak-anak di bawah umur.

    Alkohol merupakan salah satu zat adiktif yang banyak dan mudah ditemukan di masyarakat. Pada jaman ini bahkan tidak hanya kalangan dewasa ataupun remaja yang mengkonsumsinya, bahkan banyak anak-anak pun juga telah ikut mengkonsumsinya akibat pergaulan yang ada disekitarnya. Hal ini sungguh tidak benar, mengingat walaupun tidak ada peraturan khusus yang mengatur namun ada ketentuan terbatas yang tercantum dalam RUU mengenai minuman beralkohol yang meliputi kepentingan adat, ritual keagamaan, wisatwan, farmasi dan tempat-temoat yang diijinkan oleh peraturan perundang-undangan. Melihat juga dampak yang ditimbulkan akibat konsumsi berlebih dari alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh serta perubahan mental ataupun perilaku.



Tentang Penulis