Sosialisasi Bimbingan Belajar Berbasis Daring dan Pengenalan Media Belajar Zoom dan Quizizz

Selama pandemi Covid-19, siswa melaksanakan pembelajaran daring yang mana hal ini berguna dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring oleh siswa kelas XI SMA di Desa Kalibukbuk mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa inggris. Adapun kesulitan belajar yang siswa alami seperti, materi pelajaran bahasa inggris yang kompleks menyebabkan siswa sulit memahami materi, minim pengetahuan akan media pembelajaran sehingga pengetahuan siswa tentang media pembelajaran terbatas serta monoton dan ini akan berpengaruh pada minat belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berupaya mengatasinya dengan memilih program bimbingan belajar.

Bimbingan belajar pada mata pelajaran bahasa inggris dilaksanakan berbasis daring dengan memanfaatkan platform pembelajaran yang tersedia. Sebelum pelaksanaan bimbingan belajar berbasis daring, dilakukan sosialisasi bimbingan belajar berbasis daring serta pengenalan media belajar yakni Zoom dan Quizizz. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2020 dimana jadwal sebelumnya telah disusun pada tanggal 8 Juli 2020, namun karena bertepatan dengan Hari Raya Pagerwesi sehingga pelaksanaan kegiatan diganti dengan hari lain. Kegiatan sosialisasi dilakukan pada grup Whatsapp dengan mengirimkan materi melalui Powerpoint yang selanjutnya akan dibaca oleh siswa. Materi yang diberikan terdiri dari definisi bimbingan belajar, tujuan bimbingan belajar, manfaat bimbingan belajar serta perbedaan bimbingan belajar konvensional dengan bimbingan belajar berbasis daring. Selain itu, dalam Powerpoint terdapat deskripsi singkat terkait media belajar yakni Zoom dan Quzizz. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tidak ada hambatan, terlihat siswa aktif berpatisipasi walaupun terdapat satu siswa yang tidak mengikuti diskusi dikarenakan sakit. Sesi sosialisasi serta diskusi tanya jawab diakhiri dengan pemberian informasi terkait dengan kegiatan selanjutnya.

Tentang Penulis