Sosialisasi Hari Terakhir dalam Program Kerja KKN yang Dilaksanakan Secara Online

Pengedaran serta penyalahgunaan narkoba snagat perlu diberantas terutama dikalangan generasi muda yang sangat menjadi penentu kesuksesan bangsa dan negara ini. Generasi muda saat ini khususnya remaja telah banyak yang terjerumus ke dalam lingakaran negatif narkoba. Banyak faktor yang menyebabkannya, namun apapun itu alasannya itu tetaplah hal yang salah. Maka dari itu kita perlu mengatasi hal-hal tersebut, sehingga dari itu melalui sosialisasi yang diadakan pada tanggal 5 Agustus 2021 ini dijabarkan beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Jangan pernah untuk mencoba-coba menggunakan narkotika, kecuali atas dasar pertimbangan medis atau dokter.
  2. Mengetahui akan berbagai macam dampak buruk narkoba.
  3. Memilih pergaulan yang baik dan jauhi pergaulan yang bisa mengantarkan kita pada penyalahgunaan narkotika.
  4. Memiliki kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga atau pun mengikuti kegiatan kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif baik kepada kita.
  5. Selalu ingatkan bahwawasannya ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.
  6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.
  7. Bila mempunyai masalah maka cari jalan keluar yang baik dan jangan jadikan narkoba sebagai jalan pelarian

Walaupun demikian dari hasil diskusi terlihat masih ada beberapa yang misskonsepsi terhadap beberapa langkah yang dijabarkan. Hal ini ditakutkan dapat membuat remaja salah melangkah karena terjadinya miskonsepsi dalam pengetahuannya.

Tentang Penulis