SOSIALISASI MENGENAI PELUANG USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN MEMBERIKAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN DIMSUM

Waktu Pelaksanaan 15 - 17 juli 2020

Ringkasan materi yang disampaikan saat sosialisasi peluang usaha di masa pandemi covid 19 yaitu sebagai berikut :

Di tengah pandemi virus yang mengharuskan beraktivitas di rumah, dibutuhkan peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Sebagian besar negara di dunia sedang dilanda Corona virus sehingga semua aktivitas sosial dibatasi, termasuk dalam hal transaksi. 

Mengisolasi diri di rumah artinya tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak.  Ada banyak peluang usaha rumahan yang bisa Anda jalankan di masa PSBB sekarang ini. Situasi ini bisa menjadi peluang usaha  untuk memulai bisnis makanan melalui sosial media, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki ibu ibu yaitu memasak dapat berkreasi dan mengeluarkan kreatifitas dalam usaha  makanan, salah satu makanan yang dapat dijual yaitu dimsum, pada awal kemunculannya, sebelum dimsum sepopuler sekarang ini, harga makanan yang satu ini cukup mahal karena hanya disajikan oleh restoran ternama atau yang ada di mall. Namun seiring berjalannya waktu, ketika orang mulai mengenal dimsum, pelaku bisnis pun mulai mengembangkan ide untuk menjual dimsum dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, dimsum tak hanya bisa dinikmati di restoran khusus, tapi juga depot pinggir jalan. Di tengah maraknya junk food maupun makanan cepat saji yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, dimsum merupakan alternatif yang lebih sehat.  Dimsum diolah dengan cara direbus atau dikukus sehingga tidak ada kandungan minyak yang dapat memicu obesitas maupun penyakit jantung selain itu konsumen tidak akan pernah bosan menikmati dimsum karena jenisnya ada bermacam-macam. Dimsum sendiri artinya makanan kecil, sehingga isinya pun juga bermacam-macam. Dimsum yang beraneka macam pastinya cocok di lidah siapa pun dan rasanya juga tidak diragukan lagi dengan alasan diatas maka dimsum sangat cocok jika dijual secara online di masa pandemi ini.

Dngan memberikan sosialisasi mengenai peluang usaha ini sasaran masyarakat sangat antusias dan terdapat pertanyaan disampaikan seperti yang disampaikan oleh ibu Made Sekar yang bertanya mengenai produk yang akan dipasarkan yaitu dimsum , bagaimana dengan isian dimsumyang berbagai macam dan isian apa yang baik untuk digunakan agar sesuai dengan minat konsumen.

Kegiatan selanjutnya yaitu mengirimkan video dan link video youtube tutorial pembuatan dimsum ke group whatsapp sasaran masyaraka

 

Tentang Penulis