Sosialisasi mengenai pengertian dari e-commerce dan sosial commerce

Materi yang pertama disampaikan berupa file berbentuk powerpoint (PPT)  tentang apa itu e-commerce dan sosial commerce

Diskusi serta tanya jawab bersama masyarakat sasaran Desa Tegallinggah melalui WhatsApp Grup tentang pengertian e-commerce dan sosial commerce

Jadi E-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan secara online melalui aplikasi, melalui wesite antara penjual dan pembeli. Selain itu e-commerce merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, laman web, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-commerce  merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mecakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan atau laman web, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), surat elektronik (email), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Kemudian apa itu sosial commerce? 

Social commerce merupakan aktivitas belanja online yang dilakukan melalui media sosial. Social commerce didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan pembelian produk dari perusahaan pihak ketiga pada media sosial. Saat ini sosial commerce sangat banyak digunakan oleh para pedagang untuk menjual produknya serta memasarkan produk tersebut melalui aplikasi sosial commerce. Sosial commerce ini bisa digunakan melalui aplikasi Facebook, WhatsApp maupun Instagram. Ketiga aplikasi sosial commerce tersebut sangat banyak digunakan serta dimanfaatkan oleh para pedagang, pebisnis serta para pengusaha lainnya.

Tentang Penulis