Sosialisasi Mengenai Program Kerja dan Aplikasi Pembelajaran yang akan Digunakan (Duolinggo dan Quizziz) serta Pemberian Evaluasi Awal untuk Siswa sasaran

Pada minggu pertma pelaksanaan KKNbD, penulis melaksanakan berupa pengenalan awal mengenai program kerja dan media pembelajaran yang akan digunakan. Sosialisasi program kerja dan media pembelajaran Duolinggo dan Quizziz dilaksanakan pada Selasa, 06 Juli 2021. Sosialisasi ini dilakukan secara dalam jaringan (daring) karena mengingat masih maraknya kasus Covid-19 di Indonesia terutama Bali. Penyampaian Program Kerja dan Sosialisasi mengenai Aplikasi Duolinggo dan Quizziz dilaksanakan selama kurang lebih satu setengah jam lamanya yang dimulai pada pukul 11.00 – 12.30 WITA. Kegiatan ini dilakukan melalui Google Meet untuk penyampaian poin-poin penting mengenai program kerja dan media pembelajaran dan kemudian dilanjutkan kembali di WhatsApp Group agar tidak menyulitkan siswa sasaran dengan melakukan video conference terlalu lama mengingat pandemi ini menyebabkan banyak ekonomi orang tua siswa mengalami penurunan. Penulis menjelaskan secara singkat mengenai program kerja serta jadwal pelaksanaan yang akan dilakukan agar siswa sasaran mengetahui rancangan kegiatan yang akan dilakukan dengan mereka selama kurang lebih 1 bulan. Setelah itu penulis melanjutkan dengan memberikan sosialisasi mengenai apa itu aplikasi Duolinggo dan Quizziz serta kegunaannya dalam pembelajaran agar siswa sasaran mengetahui manfaat dari media pembelajaran yang akan digunakan untuk menunjang pembelajaran mereka selama pandemi ini. Penulis juga memberikan video tutorial yang sudah penulis buat sebelumnya agar mempermudah siswa sasaran untuk mengerti bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut dengan benar dan tepat, yang mana kegiatan ini dilakukan melalui WhatsApp Group dan kemudian meminta masing-masing dari siswa sasaran untuk mendownload aplikasi-aplikasi tersebut yang mana penulis juga meminta screnshoot kedua aplikasi tersebut untuk memastikan bahwa mereka sudah memiliki aplikasi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan ini. 

Rabu, 07 Juli 2021, merupakan kegiatan yang dilakukan penulis yaitu mempersiapkan kuis yang akan diberikan kepada siswa sasaran keesokan harinya. Penulis menyiapkan kuis ini dengan aplikasi Quizziz. Selanjutnya pada Kamis, 08 Juli 2021 penulis melaksanakan kegiatan berupa pemberian evaluasi awal kepada siswa sasaran dengan menggunakan media Quizziz. Kuis ini dilakukan pada pukul 19.00 WITA yang mana siswa sasaran sudah di informasikan terlebih dahulu melalui WhatsApp Group. Pada evaluasi awal ini penulis menyediakan 15 butir soal yang mana dari 15 soal yang diberikan 2 diantaranya merupakan soal essay dan 13 lainnya adalah soal pilihan ganda. Soal- soal yang diberikan berkaitan dengan Vocabulary dan Grammar yang menjadi dasar Bahasa Inggris bagi siswa SMP. Sisitem kuis ini sendiri menggunakan fitur yang ada pada aplikasi Quizziz yaitu “Live Quiz” dimana semua siswa akan mengerjakan kuis secara bersamaan dan mereka juga bisa melihat sendiri hasil kuis mereka dan teman mereka serta di peringkat berapa mereka berada. Evaluasi awal ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa sasaran dalam Bahasa Inggris terutama dalam Vocabulary dan Grammar sehingga penulis dapat memberikan pelatihan yang tepat untuk mencapai tujuan dari program kerja yang sudah penulis buat. Berdasarkan dari hasil kuis siswa sasaran rata-rata nilai siswa itu adalah 40 hingga 67, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan masing-masing siswa sasaran tidak terlalu rendah yang mana bisa dikatakan kemampuan mereka berada dalam tingkat medium. 

Link Dokumentasi


Tentang Penulis
I Gusti Ayu Putu Suantari Pratami