Sosialisasi Mengenai Strategi Untuk Menghadapi Pesaing Yang Serupa

Sabtu, 25 Juli 2020

   Kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah sosialisasi mengenai strategi untuk menghadapi pesaing yang serupa. Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat mitra dapat bersaing dengan usaha-usaha yang serupa, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat mitra dapat membuka suatu usaha yang dapat dijalankan dengan lancar. Dalam kegiatan sosialisasi ini, masyarakat mitra diajarkan untuk mempersiapkan strategi dalam menghadapi persaingan bisnis online. Sebelum kegiatan sosialisasi dilaksanakan, dilakukan penyusunan materi mengenai strategi dalam menghadapi pesaing yang serupa. Penyusunan materi mengenai strategi dalam menghadapi pesaing dengan usaha yang serupa dilakukan pada hari Jum'at, 24 Juli 2020. Strategi yang disusun terdiri dari mencari informasi mengenai kompetitor, menunjukkan keunikan produk, menjaga loyalitas konsumen, memberi promo (diskon, voucer, promosi, dan bonus), membangun image toko online yang terpercaya, dan yang terakhir adalah aktif melakukan promosi produk.
    Agenda sosialisasi ini dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp yaitu melalui WhatsApp Group yang telah dibuat sebelumnya. Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan penyampaian materi mengenai strategi dalam menghadapi pesaing yang serupa. Setelah penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi mengenai materi yang telah disampaikan. Masyarakat mitra dipersilahkan untuk menyampaikan hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat mitra yaitu terdiri dari strategi yang harus dilakukan dalam menghadapi pesaing yang menawarkan harga lebih murah, contoh dari voucer yang dapat diterapkan, cara menghadapi komplain dari konsumen, cara bersaing sehat dengan pelaku usaha yang serupa, dan yang terakhir adalah penjelasan mengenai loyalitas konsumen.


Tentang Penulis