Sosialisasi pengenalan dan gambaran umum mengenai platform E-commerce terhadap pelaku UKM/Masyarakat sasaran Br. Penaga.

Pada tanggal 8 juli 2020, saya melaksanakan program kerja ke tiga yaitu sosialisasi pengenalan dan gambaran umum mengenai platform E-commerce shopee kepada pelaku UKM/Masyarakat sasaran Br. Penaga. 

Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui gambaran umum serta manfaat yang akan di dapatkan dengan menggunakan E-commerce shopee dalam mempromosiakan suatu produk yang diperjualkan. Saya memberikan materi tersebut melalui diskusi  whatapp group, materi yang saya berikan antara lain; pengertian E-commerce, Manfaat E-commerce dan kelebihan dari E-commerce. Saya menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti oleh masyarakat agar materi yang saya sampaikan dapat mudah dipahami oleh masyarakat sasaran dan agar tidak terjadi misunderstanding atau kesalah pahaman terhadap materi yang saya berikan. 

Berikut ini merupakan link untuk mengakses materi: https://www.google.com/amp/s/pelayananpublik.id/2019/11/28/arti-e-commerce-jenis-manfaat-keuntungan-dan-kerugiannya/amp/

Selanjutnya, tidak hanya sekerdar memberikan materi, saya juga memberikan ruang/kesempatan kepada masyarakatsasaran untuk melakukan diskusi dan bertanya menganai hal hal yang belum dipahami tentang platform atau media e-commerce. 

Setelah saya membuka ruang untuk bertanya, ada beberapa masyarakat yang bertanya,  pertanyaan yang mucul dapat dilihat pada screenshot / bukti kegiatan, terlampir. Dari pertanyaan tersebut, kembali saya menjelaskan berdasarkan apa yang ditanyakan. 

Respon yang diberikan oleh masyarakat sasaran sangat baik dan terlihat tertarik untuk menggunakan platform ini. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat mengetahui lebih dalam lagi mengenai platform E-commerce dan dapat membantu masyarakat sasaran dalam meningkatkan penjualan dari produk yang mereka perjualkan. 



Tentang Penulis
I Made Edwin Aditya Syahputra