Sosialisasi Praktik Mencuci Tangan Melalui WhatsApp Group Masyarakat Sasaran

Minggu, 1 Agustus 2021

Salam Harmoni,
Pada Minggu, 1 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi praktik mencuci tangan yang baik dan benar bersama dengan masyarakat sasaran Desa Padangsambian Kaja melalui media WhatsApp Group pada pukul 09.45 - 13.00 WITA. Kegiatan sosialisasi mencuci tangan ini dikemas dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube, kemudian dibuka sesi tanya jawab atau diskusi terkait materi mencuci tangan. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat sasaran mengenai langkah mencuci tangan yang baik dan benar sebagai salah satu penerapan budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna mencegah penyebaran virus corona. 

Mencuci tangan merupakan salah satu langkah preventif penyebaran virus corona. Tidak hanya membantu dalam mencegah penyebaran virus corona, tetapi kebersihan tangan yang baik juga mampu menangkal kuman penyebab diare, muntah, dan juga infeksi berbahaya lainnya. 

Kebiasaan mencuci tangan menjadi bagian penting dalam rantai pertahanan kesehatan, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Walaupun terkesan sederhana, kebiasaan mencuci tangan merupakan investasi kesehatan jangka panjang yang dapat mengurangi penularan penyakit.

Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan dengan sabun masih sangat rendah. Hanya 19 persen orang di seluruh dunia yang mencuci tangan dengan sabun setelah buang air besar dan 35 persen fasilitas kesehatan tidak memiliki air dan sabun untuk mencuci tangan. Maka dari itu, penting sekali untuk mengubah perilaku dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum makan, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sesudah ke toilet, dan sesudah bersin. Kebiasaan ini harus disadari untuk kehidupan yang lebih sehat.

Selain itu, masih banyak masyarakat yang melakukan kesalahan dalam melakukan praktik mencuci tangan. Hal ini tentunya membuat kuman atau bakteri yang menempel pada kulit tangan tidak terbunuh secara maksimal. Oleh karena itu, masyarakat juga perlu mengetahui langkah mencuci tangan yang efektif dalam membunuh kuman dan bakteri. 

Adapun beberapa langkah utama mencuci tangan yang dapat dipraktikkan oleh masyarakt agar tangan dapat benar-benar bersih dari kuman dan kotoran, yakni:

  1. Pertama-tama basahi kedua tangan dengan air bersih.
  2. Oleskan atau tuang sabun secukupnya ke kedua telapak tangan sampai sabun tersebut menutupi seluruh permukaan tangan.
  3. Kemudian gosok kedua tangan secara bergantian. Tidak perlu menggosok kuat-kuat, cukup gosok perlahan dengan benar.
  4. Gosok area di sela jari-jari tangan sampai benar-benar terkena sabun.
  5. Tak lupa gosok juga area punggung tangan hingga bersih.
  6. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan kedua buah tangan. 
  7. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  8. Kemudian bersihkan ujung-ujung jari secara bergantian, jika perlu sampai ke dalam kuku yang masih terlihat kotor.
  9. Lakukan langkah-langkah di atas selama kurang lebih 20-30 detik.
  10. Setelah itu bilas dengan air mengalir yang bersih.
  11. Segera keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih.

Rajin mencuci tangan dengan cara yang benar merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat. Bukan hanya orang dewasa yang perlu tahu cara mencuci tangan yang benar. Anak-anak juga sebisa mungkin diajarkan dan dibiasakan untuk mencuci tangan, agar terhindar dari infeksi.

Kegiatan sosialisasi pada hari ini dilaksanakan secara aman dan lancar dengan lima orang partisipan masyarakat sasaran, yakni (1) I Gusti Ngurah Darma Adnyana, (2) Kadek Yudi Andika, (3) Ni Made Dwigita Novianti, (4) Nyoman Wiwik Pratiwi, dan (5) Ketut Ari Yuliani.  Pada saat kegiatan berlangsung, masyarakat sasaran sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini dapat dilihat dari inisiatif masyarakat untuk bertanya dan berdiskusi melalui WhatsApp Group.


Link Video YouTube: Sosialisasi Langkah Mencuci Tangan - KKNbD Undiksha 2021 Desa Padangsambian Kaja