Tahap Akhir: Penyebaran Kuesioner sebagai Bahan Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja KKNbD 2021

Tanggal 30 Juli 2021 merupakan hari pelaksanaan tahap akhir dari pelaksanaan program kerja KKNbD yang telah dibuat. Dalam tahap akhir ini penulis melakukan evaluasi dengan mengirimkan kuesioner yang dapat diakses melalui link google form yang disebarkan melalui whatsapp group. Pengisian kuesioner dilakukan mulai pukul 14.43-19.00 WITA oleh masyarakat sasaran. Kuesioner yang dibuat bertujuan sebagai bahan evaluasi dan penilaian bagi penulis, apakah program kerja yang terlaksana telah mampu mencapai target yang direncanakan atau belum. Melalui jawaban yang telah diberikan responden (masyarakat sasaran) penulis dapat melakukan analisis terhadap pemahaman dan pengaplikasian materi-materi yang telah diberikan.

Berdasarkan hasil kuesioner yang telah diisi oleh masyarakat sasaran dapat disimpulkan bahwa pemberian materi sangat mudah dipahami sehingga informasi dan materi yang diberikan dapat terserap dengan baik. Dari keempat program kerja yang dibuat, terdapat tiga program kerja yang menuntut penerapannya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat sasaran telah mampu memenuhi hal tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan telah mencapai target dan terlaksana dengan baik.

Dapat dirangkum bahwa manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sasaran cukup banyak selama mengikuti kegiatan KKNbD ini. Masyarakat sasaran dapat mengetahui tentang Covid-19 dan bahayanya, bagaimana penggunaan masker dan cara mencuci tangan yang baik dan benar, serta memahami cara memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar untuk membuat hand sanitizer. Selain itu, kolom MITA (Mitos dan Fakta) yang selalu diberikan penulis sebelum berlanjut ke kegiatan inti telah memberikan edukasi dan pemahaman yang baik tentang isu-isu yang beredar terkait dengan materi yang diberikan dengan penyampaian yang sangat menarik.

Untuk kendala yang dihadapi masyarakat tidak terlalu signifikan dampaknya terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dibuat. Kendala yang paling banyak disebutkan terkait dengan manajemen waktu pribadi masyarakat sasaran. Hal tersebut karena masyarakat sasaran yang notabene memiliki latar belakang profesi yang berbeda juga memiliki kesibukan pribadi yang memang tidak dapat ditinggalkan. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk seluwes mungkin dalam hal penentuan jadwal untuk melaksanakan program kerja KKNbD ini.

Kesan dan pesan yang diberikan masyarakat sasaran selama pelaksanaan KKNbD sangat baik. Karena materi yang diberikan sangat bermanfaat dan menarik sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat sasaran.

Tak lupa, penulis juga menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi masyarakat sasaran dalam pelaksanaan program kerja KKNbD 2021. Selain itu, permintaan maaf juga dihaturkan kepada masyarakat sasaran, apabila selama melaksanakan kegiatan penulis berkata ataupun bertindak yang tidak semestinya.

Berikut ini merupakan link kuesioner yang disebarkan

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeByxnbUwZH1Rp0zCbXzvhxX90RpoD6aKK35W7o_K7h2oOrww/viewform

Berikut merupakan link responnya

https://docs.google.com/forms/d/1M6QDHZ_blodfph0EUkkeTopE9ZlMbrzCp_P9ey4UJis/edit#responses



Tentang Penulis