Tahap Awal Pelaksanaan KMbD tahun 2020 di Bd. Butiyang, desa Les, kecamatan Tejakula, Buleleng

Oleh: Ketut Kartika Yani


    Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata tahun 2020 Universitas Pendidikan Ganesha memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Program ini diubah menjadi Kuliah Mandiri berbasis Daring karena merebaknya virus Covid-19. Namun tujuan dari program ini tetap sama dengan program sebelumnya. Setiap mahasiswa melaksanakan KMbD di daerah asal mereka masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    Penulis melaksanakan KMbD di Bd. Butiyang, desa Les, Tejakula, Buleleng. Hal pertama yang dilakukan penulis adalah menentukan topik KMbD dan membuat proposal project. Kemudian mencari masyarakat sasaran sesuai dengan topik yang diambil. Karena penulis mengambil topic pendidikan, jadi masyarakat sasaran yang dituju adalah siswa yang ada di daerah penulis. Kemudian, penulis membuat sebuah group di Whatshapp untuk memudahkan proses komunikasi dengan siswa sasaran. Pembuatan group Whatsapp ini dilakukan kurang lebih satu bulan sebelum proses KMbD dimulai. Group Whatsapp ini beranggotakan 5 orang siswa yaitu, Luh Yulia Sari (SMK), Made Dedi Swandana (SMP), Nyoman Yoni Asrini (SMP), Made Endra Priana (SMK), dan Ketut Andriani (SMP). Setelah itu, penulis menjelaskan bagaimana KMbD ini akan berjalan kedepannya. Sehari sebelum pelaksanaan KMbD dimulai, penulis membagikan jadwal kegiatan KMbD selama satu bulan yang sudah dirancang oleh penulis.

    Di hari pertama dan kedua, penulis mengarahkan siswa sasaran untuk mengisi quiz sebagai pre-test. Quiz ini tentang materi-materi yang akan dibahas oleh penulis bersama dengan siswa sasaran selama KKMbD. Quiz ini dalam form Quzziz dan penulis memberikan waktu selama dua hari kepada siswa sasaran untuk mengisi quiz. Penulis memberikan waktu yang cukup banyak untuk mengisi quiz ini, mengingat tidak semua siswa sasaran memiliki koneksi internet yang baik. Tujuan dari quiz (pre-test) ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa. Hasil quiz ini menunjukkan kemampuan siswa dalam bahasa inggris memang sangat rendah. Hanya beberapa siswa yang mampu menjawab setengah pertanyaan dengan benar. Pemilihan judul KMbD ini menurut penulis memang sangat tepat, melihat dari hasil pre-test tersebut, guna meningkatkan kemampuan siswa selama pandemi ini, kususnya dalam mata pelajaran bahasa inggris.


Tentang Penulis