[Tahap Evaluasi] Membagikan Kuesioner Evaluasi Program Kerja kepada Masyarakat Sasaran

    Pada Senin, 26 Juli 2021, pelaksana membagikan kuesioner evaluasi program kerja yang berisikan pernyataan dan pernyataan terkait seberapa informatif sosialisasi yang telah diberikan dalam pelaksanaan program kerja KKNbD. Selain pertanyaan-pertanyaan mengenai program kerja, masyarakat sasaran juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan, kritik, dan atau saran melalui kuesioner yang sama. Masukan, kritik, dan saran ini nantinya bisa menjadi bahan evaluasi dalam melaksanakan program kerja yang lebih baik kedepannya. Adapun masukan, kritik, dan saran dari masyarakat sasaran diantaranya:

1. Kegiatan berjalan sangat baik, teratur, dan tetap menerapkan prokes

2. Apa yang sudah disampaikan selama kegiatan KKNbD sangat membantu masyarakat menambah edukasi kesehatan. Semua yang disampaikan mudah untuk dipahami.

3. Pelaksanaan KKN sangat baik namun lebih baik agar menjangkau masyarakat yg lebih luas jika bisa karena materi yang disampaikan dalam KKN ini perlu disebarluaskan dan banyak masyarakat yg belum paham pentingnya PHBS dimasa pandemi ini.

4. Sosialisasinya mudah krna melalui video WA, tidak perlu download aplikasi lain. Mudah dipahami juga, cara menyampaikannya jelas.

5. Sangat bagus

6. Sudah sangat bagus, mungkin kegiatan sosialisasinya di teruskan sehingga masyarakat yang lain tahu juga mengenai PHBS

7. Kegiatan PHBS sangat bermanfat untuk kami selaku sasaran di lingkup rumah tangga, banyak hal yang dapat kami terapkan untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, hal yang tadinya kami sepelekan, ternyata justru menjadi salah satu cara ampuh menekan penyebaran virus covid 19. Terimakasih atas transfer pengetahuan yang sangat bermanfaat.

     Berdasarkan masukan dan saran di atas dapat disimpulkan bahwa sosialisasi dalam program kerja KKNbD ini telah dilaksanakan dengan baik tanpa memberatkan masyarakat sasaran. Selain itu, sosialisasi ini juga bermanfaat bagi masyarakat sasaran, khususnya dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

    Adapun informasi yang ingin diketahui dari masyarakat sasaran yaitu apa informasi yang belum disampaikan oleh pelaksana dalam sosialisasi ini. Dalam kuesioner yang telah dibagikan, enam diantaranya mengatakan bahwa informasi yang disampaikan sudah jelas. Namun, satu diantaranya menyampaikan bahwa terdapat informasi yang belum disampaikan oleh pelaksana dalam sosialisasi KKNbD ini, yaitu penyebaran virus berupa varian baru yang menyebabkan beberapa gejala berbeda dari virus sebelumnya serta cara-cara meningkatkan imun dan mencegah terpapar virus varian baru tersebut. Adapun hasil penyebaran kuesioner secara lengkap bisa diakses di https://drive.google.com/file/d/1rL82dEClNDCKB3aBCW6Al620RWujRKdj/view?usp=sharing.
Tentang Penulis