Tahap Evaluasi terhadap 3 aspek : Program, Proses Pelaksanaan dan Hasil Pelaksanaa

Pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan akan membantu pelaksana KKN untuk mempermudah pencapaian tujuan sesuai dengan target yang telah diancangkan. Untuk mengukur ketercapaian target tersebut pelaksana KKN perlu mengadakan tahap evaluasi. Evaluasi dilaksanakan 2 (dua) hari setelah tahap pendampingan selesai dilaksanakan dengan menggunakan 2 (dua) instrumen penilaian yakni dengan alat bantu Google Form dan Rubrik Penilaian. Ada 3 aspek yang dilakukan evaluasi sesuai dengan rancangan evaluasi.

Program kerja yang dilaksanakan dinyatakan berhasil diterapkan apabila telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sesbelumnya yakni menyangkut  kesesuain antara program yang dilakukan dengan tujuan yang dicapai. Evaluasi ini memerlukan partisipasi dari   masyarakat sasaran selaku peserta dari pelaksanaan program kerja ini dengan menggunakan instrumen Google Form. Masyarakat sasaran memberikan penilaian dengan menjawab pertanyaan yang telah disediakan dalam Google Form .

Proses pelaksanaan kegiatan perlu juga diadakan evaluasi untuk menilai kekurangan dan kelebihan metode pelaksanaan kegiatan yang diterapkan. Selain itu evaluasi ini bertujuan untuk mengukur partisipasi masyarakat sasaran ketika menerima dan melaksanakan program kerja serta untuk mengetahui kendala yang dialami selama proses kegiatan berlangsung. Instrument evaluasi yang digunakan yakni lembar observasi dan bukti penilaian masyarakat sasaran melalui Google Form. 

Pada hasil evaluasi hal yang perlu dievaluasi adalah keberhasilan masyarakat sasaran dalam menerapkan pelatihan dan pendampingan yang telah diberikan. mampu memberikan contoh konten promosi dan mampu menunjukkan adanya peningkatan penjualan stelah adanya penanganan ini. Evaluasi sepenuhnya dilakukan melalui WhatApps Grup.

 

Tentang Penulis