Tahap Kesembilan : Evaluasi Kegiatan KKNbD 2021 Menggunakan Google Form Yang Akan Diisi Oleh Masyarakat Sasaran.

Setelah sebelumnya mengikuti program KKNbD dari tahap awal yakni pembuatan grup di WhatsApp hingga praktik langsung menggunakan Aplikasi Shopee, terhitung kurang lebih 1 bulan. Saya memasuki tahap evaluasi kegiatan, dimana saya meminta masyarakat untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tertera pada Google Form yang sudah saya berikan.

Saya berharap masyarakat mengisinya sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya mereka rasakan. Karena evaluasi inilah yang nantinya menjadi bahan pembelajaran bagi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.

Dalam Google Form tersebut saya menanyakan beberapa hal, diantaranya :

  • Perasaan masyarakat sasaran selama mengikuti kegiatan KKNbD 2021. Mereka menjawab sangat seneng dan terbantu dengan adanya program kerja pelatihan penggunaan Aplikasi Shopee untuk berjualan online ini.
  • Penilaian terhadap saya ketika menjelaskan materi. Sebagian besar mengatakan saya sudah cukup baik dalam menjelaskan, namun sebagian lagi mengatakan saya perlu menjelaskan materi secara lebih rinci.
  • Penilaian terhadap materi yang saya sampaikan. Mereka menyebut sangat menari dan informatif, karena memberikan pengetahuan baru bagi mereka.
  • Pemahaman masyarakat sasaran terkait materi dan mengenai kesulitan yang dialami ketika melakukan praktik. Sudah banyak yang cukup paham dengan materi ini, walaupun sebelumnya ada sedikit kendala dan butuh diajari secara langsung. Namun ada salah satu masyarakat yang belum sempat melakukan praktik karena ada kesibukan lainnya.
  • Pesan dan kesan dari masyarakat sasaran selama mengikuti kegiatan KKNbD 2021.






Tentang Penulis