Tahap Pelaksanaan : Pemberian Pelatihan Tahap 2 Mengenai Media Sosial kepada Masyarakat Sasaran Pelaku UMKM Desa Penarukan

Pelaksanaan Pelatihan KKNbD tahap 2 dilanjutkan pada tanggal 11 Juli 2021 dengan agenda pelatihan yaitu pemberian materi mengenai media sosial sebagai media untuk memasarkan konten promosi yang dihasilkan. Selain itu diberikan juga materi mengenai tips memilih media sosial yang akan digunakan nantinya sesuai dengan jenis produk yang dijual serta pangsa pasar yang dijadikan target konsumen kedepannya. Sebelum memberikan pelatihan tersebut, pelaksana KKNbD sedikit bertanya mengenai media sosial apa saja yang pernah digunakan selain WhatsApp. Ternyata masih banyak yang belum tahu mengenai media sosial yang bisa digunakan untuk sarana promosi nantinya. Maka dari itu,  materi ini sangat penting diberikan untuk membantu masyarakat sasaran menambah wawasannya mengenai jenis-jenis media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produknya di pasaran lebih luas dan mampu mengenali pangsa pasar sebelum dipasarkannya produk tersebut ke media sosial. Bagi masyarakat sasaran yang belum memiliki akun untuk log-in ke aplikasi media sosial yang dimaksud, masyarakat sasaran bisa menyimak materi pelatihan yang telah diberikan melalui WhatsApp Grup. Media sosial yang disarankan untuk digunakan sebagai media promosi yaitu WhatsApp, Facebook dan Instagram. Alasannya selain digunakan oleh banyak kalangan, media sosial ini mudah digunakan dan cakupan pasarannya cukup luas sehingga akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan untuk aktivitas pemasaran para  Pelaku UMKM di Desa Penarukan.


Tentang Penulis