Tahap Penutup KKNbD: Bimbingan Akhir, Evaluasi Akhir, dan Penyusunan Final Laporan Akhir

        Kegiatan KKNbD telah berlangsung selama lima minggu di Banjar Tampuagan, Desa Adat Tampuagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Untuk itu, pada Jumat, 30 Juli 2021 dilakukan bimbingan akhir bersama dosen pembimbing untuk melaporkan progress final pelaksanaan KKNbD. Bimbingan akhir berlangsung dari pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WITA.

            Selain melakukan bimbingan diakhir kegiatan, dilakukan juga evaluasi akhir pada Senin, 02 Juli 2021 secara daring dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Evaluasi akhir ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi dan perasaan yang dialami oleh masyarakat sasaran, baik dalam hal psikologi maupun pemahaman materi yang telah dipaparkan selama pelaksanaan kegiatan. Selain itu, dilakukan juga evaluasi mengenai kinerja penulis dalam melaksanakan KKNbD baik dari segi konten pemaparan materi dan keberhasilan menjalankan program kerja. Evaluasi akhir ini dibagi menjadi dua, yaitu kuesioner Evaluasi Akhir Keberhasilan Program KKNbD “Penerapan Teknik Katarsis Berbasis Mandala Art Dalam Mereduksi Learning burnout Pada Pelajar Di Masa Pandemi Covid-19” (https://forms.gle/nY3HucJsKb8584qH9) dan Evaluasi Akhir Pemahaman Materi Learning burnout, Teknik Katarsis, Dan Mandala Art (https://forms.gle/Am8syfqek6AuYbwAA).

Secara keseluruhan, kegiatan projek KKNbD telah berjalan dengan lancar dan masyarakat sasaran merasakan dampak yang positif setelah menerapkan teknik katarsis berbasis mandala art. Dari edukasi, diskusi, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, masyarakat sasaran dapat mengikuti dengan semangat dan antusias sehingga memperoleh manfaat dan pengetahuan baru dalam mengatasi learning burnout dengan cara yang sederhana. Masyarakat sasaran 100% telah memahami materi yang diberikan dan penerapannya. Hal tersebut terbukti dari hasil evaluasi akhir menggunakan kuesioner dengan google form.

Sebagai pertanggungjawaban kegiatan KKNbD yang telah berlangsung, maka disusun laporan akhir pelaksanaan KKNbD. Laporan akhir telah penulis susun selama beberapa hari dan pada 03 Agustus 2021 dilakukan penyusunan final sebelum di upload pada sistem. Selain itu, pada hari ini pukul 09.00 WITA penulis mendatangi kantor kelurahan dengan tujuan meminta tanda tangan kepada kepala kelurahan untuk mengesahkan laporan akhir KKNbD.

·      Link drive evaluasi akhir: https://drive.google.com/drive/folders/1d110WlHvVoigYxCqXV1fvn7mTP0euu6F?usp=sharing