Tingkatkan Pengetahuan Maritim Siswa SD di Desa Gerokgak Melalui Sekolah Bahari Secara Online di Masa Pandemi

  • Profil Desa

         DesaGerokgak terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, dengan luas wilayah 87,586 km2 . Desa Gerokgak merupakan desa yang memiliki laut dengan potensi di bidang budidya perikanan laut yang cukup baik. Dengan potensi yang dimiliki menjadikan desa Gerokak sebagai daerah kawasan budidaya perikanan laut. Tidak heran jika sebagian dari masyarakat Desa Gerokgak berprofesi sebagai nelayan tangkap, pekerja di sector budidaya perikanan laut ataupun pembudidaya.

     Namun, akibat Pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia saat ini membuat berhentinya kegiatan di berbagai sektor, mulai dari sektor Ekonomi hingga Pendidikan. Dampak dari Pandemi ini telah membuat berbagai perubahan pola hidup di masyarakat, yang biasanya masyarakat dapat menjalankan aktivitas diluar rumah dengan normal, saat ini masyarakat harus membiasakan diri untuk berdiam diri dirumah, mulai dari kerja di rumah hingga sekolah/kuliah dari rumah agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal yang paling banyak dirasakan masyarakat adalah bosan berada di rumah setiap hari, terutama anak-anak SD yang terbiasa menghabiskan waktu bermain diluar rumah bersama temn- temannya. Hampir sebagian dari mereka hanya menghabiskan waktu dengan bermain game di gadget mereka. Padahal cukup banyak kegiatan produktif yang bisa dilakukan selain bermain game di gadget. Misalnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pembelajaran non formal, seperti Sekolah bahari secara online yang merupakan kegiataan pembelajaran non formal yang dilakukan dari rumah masing-masing menggunakan gadget. Pada sekolah bahari secara online ini akan diajarkan berbagai hal yang berkaitan dengan kemaritiman (kelautan). Maka dari itu dipilih 5 orang siswa SD di desa Gerokgak untuk dijadikan masyarakat sasaran dalam pelaksanaan KMbD ini.

  • Kegiatan

       Pada ini Senin, 06 Juli 2020 merupakan minggu pertama dilaksanakannya KMbD. Kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan grup WhatsApp peserta KMbD yang beranggotakan 5 orang yang merupakan siswa SD di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Pembuatan grup ini bertujuan untuk mempermudah berkomunikasi serta penyampaian materi kepada masyarakat sasaran. Setelah pembuatan grup dilakukan perkenalan diri anggota grup dan yang terakhir penyampaian waktu dan jenis kegiatan selama KMbD berlangsung.